Pembukaan rute baru ini dimulai 10 September 2021 sebagai upaya membangkitkan lagi industri penerbangan di Tanah Air di tengah pandemi COVID-19.
Makassar (ANTARA) - Maskapai Sriwijaya Air membuka rute baru yakni Makassar - Ambon - Langgur dan Langgur – Ambon - Makasar untuk mempermudah akses transportasi bagi masyarakat Maluku Tenggara.

"Pembukaan rute baru ini dimulai 10 September 2021 sebagai upaya membangkitkan lagi industri penerbangan di Tanah Air di tengah pandemi COVID-19," kata Direktur Niaga Sriwijaya Air Group, Henoch Rudi Iwanudin dalam keterangan persnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Dia mengatakan, kondisi pandemi  sangat mempengaruhi operasional sektor penerbangan, termasuk yang turut dialami oleh Sriwijaya Air selama kurang lebih satu setengah tahun ke belakang.

Baca juga: Sektor penerbangan di Lampung berangsur pulih

Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk membangkitkan lagi industri penerbangan Tanah Air. Salah satunya dengan membuka rute baru Ambon – Langgur – Ambon mulai tanggal 10 September 2021.

Menariknya rute baru ini tak hanya akan memberi kemudahan kepada masyarakat di Ambon dan Maluku Tenggara saja melainkan juga masyarakat Makassar  karena penerbangan Ambon – Langgur dan Langgur – Ambon ini juga terkoneksi langsung dengan penerbangan Sriwijaya Air dari/ke Makassar, sehingga akan memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat Makassar yang ingin menuju/dari Langgur.

"Penerbangan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan transportasi kepada masyarakat Maluku Tenggara, Ambon dan Makassar dalam menjalankan aktivitas bisnis ataupun perjalanan dinas," katanya.

Baca juga: Bisnis transportasi 'private jet' meningkat selama pandemi COVID-19

Ia mengatakan Sriwijaya Air mencoba memanfaatkan momentum melandainya kondisi pandemi  sehingga kini saatnya menjadi momentum yang tepat untuk membuka rute Ambon – Langgur – Ambon yang terkoneksi pula dengan Makassar ini.

Hal itu mengingat kondisi perekonomian masyarakat Maluku Tenggara, Ambon dan Makassar sedang mencoba bangkit dari kondisi yang sulit.

Menurut dia, pembukaan rute ini juga sekaligus memberikan opsi dan kemudahan kepada masyarakat Maluku Tenggara yang ingin menuju ke Ambon atau Makassar bahkan Jakarta maupun sebaliknya baik untuk keperluan bisnis ataupun perjalanan dinas, agar perekonomian di daerah tersebut bisa bangkit kembali.

Rute penerbangan Ambon – Langgur akan tersedia setiap hari dengan waktu keberangkatan pada pukul 10.15 WIT , sementara rute penerbangan Langgur – Ambon juga tersedia setiap hari dengan waktu keberangkatan pada pukul 11.55 WIT.

Sementara itu rute Ambon – Langgur - Ambon terkoneksi dengan penerbangan dari/ke Makassar. Dimana penerbangan Makassar – Langgur via Ambon dilayani setiap hari dan dijadwalkan berangkat pada pukul 07.00 WITA dan penerbangan Langgur – Makassar via Ambon berangkat setiap hari dengan waktu keberangkatan pukul 11.55 WIT.
Ilustrasi jadwal rute baru Maskapai Sriwijaya Air yang siap melayani rute Makassar-Ambon-Langgur PP mulai 10 September 2021. ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021