Forkopimda Jatim dampingi Jokowi kunker di Ponorogo dan Blitar

Forkopimda Jatim dampingi Jokowi kunker di Ponorogo dan Blitar

Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah pejabat forkopimda Jatim saat mengunjungi Ponpes di Ponorogo, Selasa (7/9/2021). ANTARA/HO.

Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Seluruh unsur Forkopimda Jawa Timur beserta jajaran tampak hadir mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Ponorogo dan Blitar, Selasa.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, tampak berjalan di belakang Presiden Jokowi dengan didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta.

Di Ponorogo, Jokowi secara khusus meresmikan proyek infrastruktur waduk Bendo yang berlokasi di Desa Ngideng, Kecamatan Sawoo.

Selesai meresmikan waduk yang menyedot anggaran hampir Rp2 triliun tersebut, Jokowi beserta rombongan melanjutkan kegiatan dengan meninjau vaksinasi pelajar serta santri di sejumlah tempat, di antaranya di SMK PGRI 2 Ponorogo dan Ponpes KH. Syamsuddin, Duri Sawoo, Nologaten, Ponorogo

Kegiatan "Vaksinasi Merdeka" ini diperuntukkan bagi siswa SMK PGRI 2 Ponorogo, sebanyak 1.000 dosis jenis Sinovac tahap pertama dari TNI dengan melibatkan 12 vaksinator yang terdiri dari empat orang nakes Polri dari R.S. Bhayangkara, empat orang nakes dari TNI dan empat orang nakes dari Dinkes Ponorogo.

Setelah melakukan peninjauan vaksinasi SMK PGRI 2, Presiden melakukan peninjauan vaksinasi di Ponpes KH. Syamsuddin didampingi pengasuh Ponpes KH. Ayub Ahdiyan Syam mulai dari tahapan skrining, pendaftaran, vaksinasi dan observasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Presiden targetkan angka vaksinasi capai 70 persen pada akhir tahun

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi pelajar dan santri di Ponorogo


Jokowi juga mengapresiasi pelaksanaan "Vaksinasi Merdeka" yang telah menyasar banyak lingkungan masyarakat, termasuk di lingkungan pondok pesantren, tempat ibadah, kampus-kampus, dan sekolah di 320 lokasi vaksinasi lainnya yang tersebar seluruh di Indonesia dengan capaian 333.170 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi di Ponpes KH. Syamsuddin, target capaian vaksinasi kepada 1.000 santri, dibantu tenaga vaksinator sebanyak 32 tenaga kesehatan, dengan rincian dari Polri 17 personel, TNI enam personel, dinkes empat personel dan relawan lima personel.

Saat ini pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di Jawa Timur, dengan target capaian 27.770 dosis, namun dalam pelaksanaannya telah mencapai 58.288 dosis vaksin Polri yang terlaksana di 50 lokasi.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi juga menyapa para santri secara virtual, dengan ponpes di seluruh Indonesia yang juga melaksanakan vaksinasi.

Selain itu, Presiden Jokowi berharap target 70 persen vaksinasi di Jatim dapat diselesaikan pada akhir tahun, namun jika dalam waktu dekat dapat diselesaikan akan lebih baik.

Baca juga: Presiden mengunjungi makam Bung Karno di Blitar

"Terimakasih atas kerja keras kita semua, semoga dengan kecepatan vaksin yang telah kita lakukan, penyebaran COVID-19 dapat kita kurangi, bisa kita hentikan," kata Jokowi saat berkunjung di Ponpes KH. Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo.

"Terutama saya titip, kecepatan vaksinasi, dan Protokol Kesehatan. Yang kedua utamanya juga kalo memang ada kasus-kasus meskipun sedikit tetap bisa dimasukkan ke isolasi terpusat yang telah disiapkan," tutur Presiden.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Presiden Jokowi lanjut meresmikan Waduk Bendo di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo.
Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021