Menko Airlangga : 3,9 juta orang daftar Kartu Prakerja gelombang 19

Menko Airlangga : 3,9 juta orang daftar Kartu Prakerja gelombang 19

Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat onferensi pers Evaluasi dan Penerapan PPKM secara daring, Senin (6/9/2021) (ANTARA/YouTube Kemenko Perekonomian)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan sebanyak 3,9 juta orang telah mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 19 dan 800 ribu di antaranya dinyatakan lolos.

“Kartu Prakerja ini telah dibagikan selama tahun 2021 ke 4,3 juta dan di gelombang 19 ini sudah 3,9 juta yang mendaftar dan penerimanya 800 ribu,” kata kata Menko Airlangga dalam konferensi pers Evaluasi dan Penerapan PPKM secara daring, Senin.

Selain itu, Airlangga juga menyampaikan perkembangan terkini terkait bantuan tunai untuk 1 juta Pedagang Kaki Lima (PKL), warung, maupun warteg yang akan segera disalurkan dengan mengerahkan TNI-Polri.

“Diberikan dana Rp1,2 juta melalui TNI-Polri, ini akan segera dijalankan dan ini bukan penerima BPUM dan lokasi usaha di PPKM Level 3 dan 4,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut ia juga mengapresiasi koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, beserta TNI-Polri dan masyarakat yang bersinergi menekan kasus COVID-19 serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Saya mengapresiasi partisipasi dari masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan menggunakan masker 3M maupun yang dilakukan oleh Satgas dalam penanganan 3t dan tentunya vaksinasi,” tutur dia.

Airlangga juga berharap pada Desember nanti sebanyak 208 juta penduduk sudah tervaksinasi dosis pertama sehingga herd immunitiy bisa segera terbentuk. Adapun pemerintah menetapkan penerapan PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 20 September.

Baca juga: Airlangga: 23 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali perpanjang PPKM Level 4
Baca juga: Luhut: 11 kabupaten/kota di Jawa-Bali masih terapkan PPKM level 4
Baca juga: Menko Luhut jamin keamanan data dalam aplikasi Peduli Lindungi

 

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021