Hari ini kita lakukan sosialisasi penyesuaian tarif baru di gerbang tol Bakauheni Selatan dan Natar, kepada pengendara yang akan masuk dan ke luar tol
Bandarlampung (ANTARA) -

PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) melakukan sosialisasi tarif baru tol Trans Sumatera di pintu keluar Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan Natar, kepada pengendara yang melintas di jalan bebas hambatan tersebut.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi penyesuaian tarif baru di gerbang tol Bakauheni Selatan dan Natar, kepada pengendara yang akan masuk dan ke luar tol," kata Branch Manager PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Sabtu

Menurut dia, dengan sosialisasi secara masif ini maka masyarakat dan pengendara bisa mengetahui tentang besaran tarif yang akan disesuaikan mulai minggu dini hari 29 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan secara bersamaan dan serentak di 11 gerbang ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Kita terus lakukan sosialisasi sampai besok hari. Dari kendaraan pribadi, truk dan bus semua dilakukan sosialisasi agar mengetahui tentang penyesuaian tarif tol ini," katanya

Hanung juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara dalam kondisi prima, mengecek kondisi kendaraan, memastikan kecukupan saldo e-Toll sebelum melintas di jalan tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo e-Toll dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE,"katanya.

Selanjutnya, melaporkan ke Call Centre masing-masing cabang tol apabila terjadi tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area, serta mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dan membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) di Lampung memberlakukan penyesuaian tarif baru secara resmi mulai Minggu (29/8) pukul 00.00 WIB.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan bahwa penyesuaian tarif penting untuk dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi.

“Selain telah diatur sesuai dengan regulasi dari pemerintah, penyesuaian tarif juga perlu dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor dan untuk membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif. Perlu ada pengembalian dana yang diperoleh dari pendapatan tol, agar pengembaliannya sesuai dengan business plan yang sudah disepakati demi keberlanjutan jalan tol tersebut,” ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penyesuaian tarif telah diikuti dengan peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di mana perusahaan berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh pengguna jalan tol.

“Dari sisi pelayanan transaksi, kami telah menambah beberapa gardu tol, yakni dua gardu tol di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, yang semula lima gardu menjadi tujuh gardu serta dua gardu tol di GT Kotabaru dari empat gardu menjadi enam gardu. Kami juga melakukan penambahan enam unit Mobile Reader di GT Bakauheni Selatan dan dua unit Mobile Reader di GT Terbanggi Besar. Dari sisi peningkatan pelayanan lalu lintas, Hutama Karya juga konsisten dalam melaksanakan giat penertiban kendaraan ODOL,” kata Koentjoro.

Setelah dilakukan sosialisasi masif sejak 12 Juni 2021 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 732/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) tanggal 9 Juni 2021, Hutama Karya selaku pengelola Tol Bakter menginformasikan bahwa penyesuaian tarif tersebut secara resmi akan diberlakukan terhitung mulai Minggu (29/08) pukul 00.00 WIB.

Pewarta: Hisar Sitanggang/ Emir Fajar Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021