Cirebon (ANTARA News) - Berbagai jenis aksesoris dan kostum sejumlah artis ibu kota dilelang dalam penggalangan dana untuk korban bencana Merapi bertajuk "Synergy for Charity Act for Merapi" di halaman parkir Grage Mall Cirebon, Sabtu.

Sejumlah barang-barang pribadi milik sejumlah artis ibu kota dilelang dan hasilnya akan dikirimkan untuk para korban bencana Merapi di Yogyakarta.

Ryand John selaku project officer kegiatan amal ini mengatakan sekitar 50 item atribut dan aksesoris grup band dan artis ternama seperti Lyla, Kotak, J Rock, Once, Alisa Subandono, Peggy Melati Sukma dan Thalita Latief dilelang dengan peawaran harga dibuka bervariasi mulai dari yang terendah Rp 25.000 hingga Rp 300.000.

"Barang yang dilelang diantaranya t shirt, jaket, cymbal dan sepatu milik artis terkenal ibu kota. Harganya kami buka mulai terendah Rp25.000 dan tertinggi Rp300.000 dengan harapan bisa terjual dengan harga lebih tinggi supaya dana yang dapat disumbangkan pun lebih besar," katanya.

Dana yang terkumpul dari hasil lelang kegiatan yang melibatkan lima stasiun radio swasta di Cirebon yaitu Pilar FM, Sindang Kasih FM, Kissi FM, Nuansa FM dan Cirebon FM tersebut rencananya akan disalurkan langsung ke korban merapi.

Selain dari hasil lelang kostum, dana bantuan juga diperoleh dari hasil penggalangan langsung dengan melibatkan 100 orang relawan dari beberapa komunitas musik dan aoutomotif Cirebon.

Para relawan tersebut dibagi menjadi 18 kelompok yang disebar berkeliiling sambil membawa kotak kardus bertuliskan "penggalangan dana Merapi".

Sebagian melakukan penggalangan dana di beberapa persimpangan sambil menyanyi yang diiringi gitar akustik.

Berdasarkan pantauan, kegiatan lelang amal tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat Cirebon terbukti dari banyaknya kostum artis yang terjual lebih tinggi dari harga awal.

Seperti jaket milik vokalis band Lyla dari harga awal Rp150.000 berhasil terjual seharga Rp250.000.

Untuk menarik perhatian masyarakat Cirebon, kegiatan amal tersebut juga dimeriahkan dengan pagelaran musik yang menghadirkan band-band lokal Cirebon.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010