Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menyerahkan bantuan berupa makanan kepada korban kebakaran di Kampung Pulo Gang III RT 05/03 Kampung Melayu.

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam menjelaskan, bantuan itu diserahkan untuk 40 kepala keluarga dengan 80 jiwa yang saat ini tengah mengungsi.

"Untuk Sementara ini suka dinas sosial sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak berupa biskuit tiga dus, air mineral empat dus dan kemudian juga susu UHT sebanyak tiga dus," kata Abdul di Jakarta, Kamis.

Sudin Sosial juga telah mendirikan tenda tak jauh dari lokasi kebakaran untuk tempat tinggal sementara warga yang rumahnya terbakar.

"Untuk sementara satu, untuk selanjutnya jika dimungkinkan akan kita tambah dan akan kita upayakan nanti kita lakukan prokes di dalam tenda tersebut," ujar Abdul.

Baca juga: Korsleting listrik, api lalap 18 rumah di Kampung Melayu
Baca juga: Gulkarmat Jaktim bentuk Sistem Ketahanan Kebakaran di tingkat RW


Dia menambahkan, tenda darurat itu didirikan hingga tujuh hari ke depan dan dapat diperpanjang apabila memungkinkan.

"Sementara ini, melihat kondisi kita enggak bisa membangun dapur darurat di sini, tapi tetap akan kita berikan mereka makanan siap saji, melalui dapur umum dinsos Jakarta Timur," kata Abdul.

Sebanyak 18 rumah di permukiman padat penduduk di Kampung Pulo Gang III RT 05/03 Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, terbakar pada Rabu (25/8) sore.

Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik dari salah satu rumah warga hingga kemudian menimbulkan percikan api yang merembet ke rumah lainnya.

Tidak ada korban jiwa dari musibah kebakaran tersebut. Namun sebanyak 80 jiwa terpaksa harus kehilangan tempat tinggal akibat rumahnya dilalap api.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021