Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Muhiddin usai dilantik Presiden Joko Widodo Rabu di Jakarta, Rabu mengatakan pemerintahannya akan fokus tekan angka penularan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Menurut Sahbirin, pihaknya akan langsung bekerja untuk memulihkan kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung.

"Kami bakal bahu membahu dan bersinergi bersama segenap Kepala SKPD serta para kepala daerah kabupaten/kota melanjutkan pembangunan Kalsel 2021 - 2024. Fokus utama kami mempercepat penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi rakyat," kata Gubernur yang biasa dipanggil Paman Birin.

Sehingga, kata dia, dalam penyusunan program pembangunan ke depan, lebih mengutamakan sektor yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat seperti sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, peningkatan UMKM dan lainnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel sebut konsolidasi organisasi jadi tugas pertama

Didampingi Wagub H Muhidin, Paman Birin mengatakan, hingga kini kasus penularan COVID-19 di Kalsel masih tinggi.

Selain penanggulangan COVID-19, target sasaran pembangunan lain adalah menjadikan Kalsel sebagai wilayah strategis dengan ditetapkannya ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Sebagai gerbang ibu kota negara, Kalsel akan menerima dampak signifikan terhadap pembangunan berbagai sektor dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara misi Sahbirin-Muhidin adalah meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM), mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata dan memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian.

Selain itu, melaksanakan tata kelola pemerintahan yang fokus pelayanan publik serta memperkuat Ketahanan lingkungan dan bencana.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalsel Muhidin dilantik Presiden Joko Widodo Rabu (25/8) di Istana Negara Jakarta. (Antaranews Kalsel/Istimewa)


Sahbirin Noor-Muhidin juga merencanakan pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung IKN.

Meningkatkan konektivitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukung perekonomian, serta penyediaan sumber energi terbarukan.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terpilih Sahbihin Noor dan Muhidin.

Pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/8/2021) siang berlangsung penuh khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Prosesi pelantikan diawali kirab menuju istana, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Keppres tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensesneg, pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden RI.

Pelantikan H Sahbirin Noor dan H Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Periode 2021- 2024, dihadiri Menpolhukam, Mendagri dan Sekretaris Kabinet.

Turut hadir dari pihak keluarga Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan Hj Fathul Jannah Muhidin.

Dari Pemprov Kalsel, diundang Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar.

Baca juga: Sahbirin-Muhidin dilantik jadi gubernur Kalsel di Istana Negara Rabu
 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021