Dalam rangka menyambut aspirasi gamers Indonesia, PB Esport Indonesia juga mengikutsertakan PUBG Mobile dalam eksibisi esport pada PON XX Papua
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengumumkan PUBG Mobile akan ikut dipertandingkan dalam ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, serta akan menyelenggarakan pertandingan persahabatan untuk gim lokal asli Indonesia Lokapala.

Sebelumnya, PBESI telah mengumumkan Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES 2021 sebagai nomor yang dikompetisikan. Namun, tingginya aspirasi komunitas gim, maka PUBG Mobile dan Lokapala juga turut dipertandingkan.

"Dalam rangka menyambut aspirasi gamers Indonesia, PB Esport Indonesia juga mengikutsertakan PUBG Mobile dalam eksibisi esport pada PON XX Papua," ujar Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Pol. Bambang Sunarwibowo dalam pernyataan yang dibacakan oleh Sekjen PB ESI Frenky Ong, pada konferensi pers virtual, Selasa.

Baca juga: Pendaftaran Eksibisi Esport PON Papua resmi dibuka

Selain keempat gim tersebut, PBESI secara resmi telah menerima kesediaan para pihak developer gim Anantarupa Studio dan gim publisher PT Melon Indonesia, untuk mengadakan pertandingan persahabatan gim Lokapala dalam eksibisi PON XX Papua 2021.

"Masuknya Lokapala sebagai friendly match turnamen atau laga persahabatan pada ekshibisi PON XX Papua tak lepas dari aspirasi dan antuasiasme dari gamers esport yang ingin gim lokal tersebut dihadirkan. Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PB ESI terhadap industri pengembangan gim lokal," kata Bambang.

Masuknya gim lokal Lokapala juga mendapatkan sambutan baik dari Sekretaris Jenderal Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ade Lukman. Sebab, hal itu juga sesuai dengan peraturan KONI pada PON bahwa tuan rumah harus mengedepankan cabang olahraga atau disiplin olahraga asli dan asal Indonesia.

"Kami harapkan setelah penyelenggaran akan melahirkan atlet-atlet yang akan menjadi wakil Indonesia dan mampu berkompetisi di level yang lebih tinggi," kata Ade.

"Selain itu juga bahwa gim lokal khususnya Lokapala nanti mampu bersing dengan gim lainnya yang berasal dari luar Indonesia," dia menambahkan.

CEO Anantarupa, pengembang gim Lokapala, Ivan Chen, mengatakan dengan masuknya gim tersebut dalam pertandingan persahabatan di PON XX Papua menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia juga berdaulat dalam industri gim esport.

Baca juga: Mobile Legends, Free Fire, eFootball masuk esport di PON XX Papua

"Semoga ini menjadi titik awal yang baik buat industri gim Indonesia supaya bisa berkarya lagi di Indonesia, di regional Asia Tenggara dan di dunia," kata Ivan.

Pertandingan persahabatan gim Lokapala dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi Pertandingan Persahabatan Lokapala sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Pertandingan persahabatan tersebut akan berlangsung pada 6-7 September 2021. Untuk mempermudah pendaftaran, tim yang mendaftar diperbolehkan berasal dari provinsi yang berbeda. Nantinya, finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp200.000.000.

Sementara itu, PUBG Mobile yang telah diluncurkan di Indonesia sejak 2018 telah memberikan prestasi yang cukup banyak bagi Indonesia, bahkan hingga tingkat dunia, melalui atlet-atlet Tanah Air.

Pengembang dan penerbit gim PUBG Mobile, Tencent Games, menyadari bahwa PON merupakan perhelatan olahraga terbesar dan paling prestigious di Indonesia dalam tingkat nasional.

"Tencent Game percaya melalui keterlibatan PUBG Mobile di PON XX ini, kami akan memperkuat ekosistem esport di Indonesia secara menyeluruh dan juga siap untuk terus mendukung PON XX dan PB Esport Indonesia," ujar Country Manager Tencent Games Indonesia, Aswin Atonie.

Baca juga: Esport siap dipertandingkan pada PON Papua, platform Garudaku dirilis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021