Tiap kedatangan Moderna, langsung kita aplikasikan
Magelang (ANTARA) - Para tenaga kesehatan di Kota Magelang, Jawa Tengah mulai mendapatkan vaksinasi "booster" (penguat) sebagai penyuntikan dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna dalam rangkaian penanganan pandemi COVID-19 di daerah itu.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Magelang diterima di Magelang, Selasa, mengatakan vaksinasi "booster" sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan.

Jumlah tenaga kesehatan di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu yang sekitar 4.000 orang, menjadi sasaran penyuntikan vaksin dosis ketiga.

Pemkot Magelang baru saja mendapatkan kiriman dari pemerintah pusat 150 vial atau 2.100 dosis vaksin Moderna.

Aziz yang juga dokter spesialis penyakit dalam tersebut, menjelaskan manfaatkan vaksinasi "booster" sebagai penguat para nakes dan tenaga penunjang kesehatan dalam kaitan dengan penanganan penderita COVID-19.

"Sebagian nakes sudah (divaksin 'booster', red.). Tiap kedatangan Moderna, langsung kita aplikasikan, kita suntikkan, supaya target segera terpenuhi 100 persen nakes kita mendapat 'booster'," katanya.

Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di Jateng capai 31,36 persen

Baca juga: Jateng mulai laksanakan vaksinasi "booster" untuk tenaga kesehatan


Ia menjelaskan peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 yang tinggi, mendorong pemerintah secara khusus memberikan perlindungan tambahan kepada nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan virus corona baru itu

Selain untuk dosis ke-3 bagi nakes, Kemenkes RI juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa vaksin Moderna diberikan kepada warga dengan penyakit penyerta, ibu hamil, dan warga yang belum pernah mendapatkan vaksin.

"Kalau vaksin Moderna sebagai 'booster' hanya untuk nakes, asisten nakes, dan tenaga penunjang. Kalau untuk masyarakat umum, sama dengan vaksin yang lain, harus dua kali. Dosis pertama dan kedua. Nah, karena mereka (nakes, red.) garda depan penanganan COVID-19 maka harus mendapat 'booster'," katanya.

Dia menjelaskan dibandingkan dengan merek vaksin lainnya, Moderna cenderung memiliki efek samping yang bisa dirasakan penerimanya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Magelang menyediakan paracetamol guna meringankan efek samping mereka yang telah mendapatkan suntikan vaksin Moderna.

"Setiap obat sebenarnya punya efek samping, termasuk Moderna, memang cukup lumayan. Tapi kalau vaksin tidak berbahaya, dijamin aman, dan harapan kita untuk mendapatkan kekebalan kelompok bisa tercapai," katanya.

Dia berharap, warga yang akan mendapatkan vaksin Moderna tidak khawatir, apalagi takut. Efek samping vaksin tidak akan seberat efek orang yang positif COVID-19.

Baca juga: Satgas COVID-19 Jaktim targetkan 24.842 nakes terima vaksin "booster"

Baca juga: Kemenkes: Dosis ketiga vaksin untuk nakes, bukan masyarakat umum

 

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021