Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (23/8) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Presiden Jokowi: Hindari politik sektarian yang halangi persatuan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan agar seluruh pihak menghindari politik sektarian yang bisa menghalangi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mengutamakan kemaslahatan dan keselamatan bangsa, serta menghindari politik sektarian yang menghalangi persatuan dan kesatuan bangsa," kata Presiden secara virtual dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-23 Partai Amanat Nasional (PAN) di kanal YouTube PAN TV, dipantau di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. Presiden Jokowi: PPKM Jabodetabek turun ke level 3

Presiden Joko Widodo mengumumkan penurunan tingkat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi level 3 mulai 24-30 Agustus 2021.

"Wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota dan kabupaten lainnya sudah bisa berada di level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021," kata Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin.

Selengkapnya baca disini

3. Peserta seleksi CASN wajib lakukan tes COVID-19

Peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) wajib melakukan swab test RT PCR atau rapid test antigen COVID-19 untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Dalam surat yang dikeluarkan BKN di Jakarta, Senin, dengan nomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 dinyatakan bahwa peserta wajib melakukan swab test RT PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif atau non reaktif sebelum mengikuti tes SKD.

Selengkapnya baca disini

4. AHY jelaskan kritik buat pemerintah demi kepentingan rakyat

Kritik yang disampaikan oleh berbagai kelompok masyarakat, termasuk partai politik yang masuk dalam oposisi, terhadap pemerintah merupakan upaya memperjuangkan kepentingan rakyat, kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut AHY, saat menyampaikan Pidato Kebangsaan jelang HUT Ke-50 CSIS Indonesia di Jakarta, Senin, kritik merupakan faktor penting yang memungkinkan adanya perbaikan dalam tata kelola pemerintahan dan kebijakan.

Selengkapnya baca disini

5. Dirjen Dukcapil tegur 10 Disdukcapil yang tambah syarat urus dokumen

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menegur 10 dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kota yang terbukti menambah syarat pengurusan dokumen kependudukan.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa kepala dinas yang menambah persyaratan tersebut langsung ditegur dan dia memerintahkan kadis agar memangkas ketentuan tambahan itu.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021