Saat ini, terdapat 10 desa wisata dengan berbagai objek mulai air terjun hingga kebun bunga yang sudah mendapat pembinaan dinas terkait
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menargetkan puluhan desa menjadi destinasi wisata baru yang akan mendapat berbagai bantuan dari pemerintah sebagai upaya pemulihan ekonomi setelah pandemi, termasuk membuka peluang investasi.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jabar, Kamis, mengatakan saat ini terdapat 10 desa wisata dengan berbagai objek mulai air terjun hingga kebun bunga yang sudah mendapat pembinaan dinas terkait.

"Dinas melakukan pelatihan dan pembinaan secara rutin pada pengelola desa wisata yang sebagian besar diserahkan pada aparat desa dan karang taruna. Termasuk, penataan perkampungan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan," katanya.

Keberadaan desa wisata tersebut, ungkap dia, setelah pandemi usai akan lebih dikembangkan, termasuk menyediakan home stay serta seni budaya penunjang, agar wisatawan betah menghabiskan waktu liburnya di Cianjur, sekaligus menggencarkan promosi yang sudah dirancang bersama dinas terkait.

Ia menambahkan saat ini sejumlah investor mulai tertarik untuk menanamkan investasinya di bidang pariwisata di Cianjur, yang dalam waktu dekat akan dibangun destinasi wisata baru bernuansa alam di Kecamatan Naringgul, sebagai penunjang wisata pantai selatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur Pratama Nugraha menjelaskan Pemkab Cianjur telah berkoordinasi dengan pemprov untuk membangun ruas jalan baru dari Kabupaten Bandung hingga pantai selatan Cianjur, sehingga wisatawan dari Bandung, hanya butuh waktu satu jam untuk sampai ke pantai selatan.

"Nanti, di kawasan Naringgul, akan dibangun beberapa destinasi wisata, sehingga saat jalan baru dibangun, wisatawan dari Bandung hanya butuh waktu satu jam untuk sampai ke pantai. Kami berharap pembangunan infrastruktur dapat terwujud tahun ini, sehingga pemulihan ekonomi akan cepat berjalan," katanya.

Baca juga: Pantai Cemara ditutup untuk kunjungan wisata karena pedagang positif
Baca juga: Petugas gabungan tutup semua obyek wisata pantai selatan Cianjur
Baca juga: Wisatawan lokal dominasi tempat wisata di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021