Kanwil Kemenkumham ajak wujudkan Kalteng Bersinar dimulai dari pemuda

Kanwil Kemenkumham ajak wujudkan Kalteng Bersinar dimulai dari pemuda

Dokumentasi-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Tengah Ilham Djaya (tiga dari kanan) saat mengikuti pengukuhan Duta Anti Narkoba Kalteng yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, di Palangka Raya. ANTARA/HO/Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ilham Djaya, di Palangka Raya, Selasa, mengatakan untuk mewujudkan Kalteng Bersih dari Narkoba (Bersinar) harus dimulai dengan membentengi generasi muda dari ancaman barang haram tersebut.

"Upaya melibatkan generasi muda memang langkah yang tepat dalam membentengi generasi muda Kalteng dari bahaya penyalahgunaan narkotika," kata Ilham.

Pihaknya siap bekerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam mewujudkan Provinsi Kalteng bersih dari narkoba.

Sebelumnya, Kanwil Kemenkumham Kalteng dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) setempat juga telah melakukan pertemuan untuk bersinergi dalam penanganan narkoba.

Ilham mengatakan pemberantasan narkoba ini tidak dapat dilaksanakan sendiri, melainkan harus dilaksanakan sinergitas antarinstansi.

Permasalahan narkoba bukan hanya merusak generasi yang ada saat ini, tetapi juga merusak generasi yang akan datang apabila tidak segera diselesaikan.

Pernyataan itu diungkapkannya terkait pelaksanaan pengukuhan Duta Anti Narkoba Kalteng yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng.

Kepala BNNP Kalteng Roy Hardi Siahaan mengatakan pemilihan duta anti narkoba tersebut sebagai upaya melibatkan dan mendorong generasi muda semakin aktif terlibat dapat mencegah peredaran narkoba.

"Duta anti narkoba ini adalah generasi muda tingkat mahasiswa yang ditetapkan menjadi wakil atau perpanjangan tangan BNNP Kalimantan Tengah dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkotika melalui sosialisasi," katanya.

Roy pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan Kalimantan Tengah bersih dari narkoba.

"Permasalahan narkotika tidak akan dapat diselesaikan oleh BNNP sendiri, melainkan harus melibatkan seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali, baik itu instansi pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat," katanya.

Indah Raudatul Jannah, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya selaku Duta Anti Narkoba Kalteng terpilih mengatakan dirinya akan berkomitmen terlibat aktif upaya pencegahan peredaran dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.
 
"Amanah yang diberikan akan saya jalankan semaksimal mungkin dan saya mengajak generasi muda untuk dapat berperan menghentikan peredaran narkotika," katanya pula.
Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng-BNNP tingkatkan sinergi penanganan narkoba
Baca juga: BNNP Kalteng gandeng pegiat medsos sosialisasikan bahaya narkoba
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021