Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (9/8) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang, 26 kabupaten/kota turun level

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 - 4 di Pulau Jawa dan Bali kembali diperpanjang hingga 16 Agustus 2021 dan terdapat 26 kota atau kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3.

"Untuk itu, atas arahan bapak Presiden maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021. Terkait keputusan ini akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri secara lebih detail," kata Luhut dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. Luhut: Kita semua lelah tapi jangan sia-siakan kelelahan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui baik petugas maupun masyarakat saat ini lelah menghadapi pandemi COVID-19, namun jangan sia-siakan kelelahan itu dengan tidak lagi disiplin dalam melakukan protokol kesehatan.

"Saya ingin menyampaikan pada anda semua, semua kita lelah, bukan hanya petugas, masyarakat pun lelah, oleh karena itu jangan kita sia-siakan kelelahan kita ini karena kita tidak disiplin," kata Luhut dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

3. Menpan RB: Pelatih-peraih medali Olimpiade dapat formasi khusus ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pelatih dan peraih medali Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapatkan formasi khusus untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Untuk memberikan penghargaan kepada para peraih medali Olimpiade dan pelatihnya, pemerintah bisa memberikan formasi khusus menjadi ASN," kata Tjahjo Kumolo dalam pesan singkat yang disampaikan kepada wartawan, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. Drone Emprit: Puan Maharani makin populer lewat baliho

Sistem monitoring percakapan di platform "online" berdasarkan "big data" Drone Emprit menyebutkan percakapan soal baliho Puan Maharani di berita "online" (daring) dan media sosial ternyata ikut menaikkan popularitas Ketua DPR RI tersebut.

Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam pernyataannya diterima di Jakarta, Senin, menjelaskan hasil monitoring Drone Emprit 7 Juli 2021 sampai 7 Agustus 2021, dari sejumlah tokoh politik yang memasang baliho, hanya Puan yang popularitas atau eksposurnya di berita "online" dan Twitter bertengger di urutan empat besar.

Selengkapnya baca disini

5. Presiden Jokowi: Saya tidak mau ada lagi yang lakukan suap

Presiden Joko Widodo memperingatkan agar tidak ada lagi suap menyuap yang terjadi antara pejabat pemerintah dan pengusaha saat proses pengurusan izin berusaha.

"Saya tidak mau lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi pengusaha, saya tidak mau ada lagi yang melakukan suap, semua harus dilakukan terbuka, secara transparan, dan memudahkan para pengusaha," kata Presiden Joko Widodo di Kementerian Investasi Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021