Polda Metro gandeng pelaku usaha permudah akses vaksinasi masyarakat

Polda Metro gandeng pelaku usaha permudah akses vaksinasi masyarakat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (baju kuning) meninjau Sentra Vaksinasi Merdeka yang diselenggarakan Polda Metro Jaya bekerjasama dengan TDA Luxury Toys, Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Warna Warni Media di Jakarta, Selasa. (MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah pelaku usaha dalam rangka menyukseskan program Vaksinasi Merdeka dan menarik minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19

Para pelaku industri kreatif seperti Gojek, Kitabisa.com, hingga Loket.com akan memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk mempermudah akses terhadap vaksinasi COVID-19 khususnya dosis pertama.

Baca juga: Sudin Kesehatan Jaktim mulai vaksin "booster" tenaga medis pekan ini

"Para pemilik platform tersebut memberikan keuntungan bagi relawan dan masyarakat yang akan ke lokasi akan mendapat potongan sampai dengan Rp85.000 dengan menggunakan Gojek," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Kamis.

Dalam program ini, Polda Metro Jaya telah mendirikan 687 gerai vaksin di 900 RW yang di dalamnya didukung oleh para relawan seperti tenaga kesehatan, dan resimen mahasiswa (Menwa), pengurus RT/RW sampai ibu PKK.

"Titik gerai vaksin juga dekat dari rumah karena ada di RW. Syarat KTP di permudah dengan domisili dari RT/RW," tambahnya.

Baca juga: Ratusan relawan tiga pilar dikerahkan untuk jemput peserta vaksin

Program Vaksinasi Merdeka salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) 100 persen di Ibu Kota.

Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan berlangsung pada 1-17 Agustus 2021 dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: Polrestro Jaksel kerahkan tim khusus Vaksinasi Merdeka Mobile

Program vaksinasi yang sekarang diluncurkan menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta karena hadir di lokasi dekat mereka tinggal sehingga mudah diakses.

Program Vaksinasi Merdeka besutan Kepolisian Republik Indonesia menargetkan 100 persen warga DKI Jakarta sudah divaksin pada 17 Agustus 2021.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021