Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mengintensifkan kegiatan vaksinasi di simpul-simpul transportasi dengan meninjau program vaksinasi di Stasiun KRL Jakarta Kota, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, pada Kamis.

Budi Karya mengatakan, program vaksinasi ini dilaksanakan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat. Sebanyak 900 vaksin dosis pertama disiapkan, yang dilakukan di empat Stasiun KRL yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Duri dan Stasiun Angke.

“Saya menyarankan kegiatan ini dapat diintensifkan di daerah lain seperti di Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Kamis.

Budi Karya juga mengapresiasi kepada PT KCI yang telah menyelenggarakan vaksinasi di empat stasiun KRL di wilayah Jabodetabek. Menhub berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kekebalan atau imunitas masyarakat terhadap virus Covid-19 semakin baik.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy juga memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi yang dilakukan PT KCI dan PT KAI di sejumlah simpul transportasi seperti di stasiun.

“Pemilihan tempat vaksinasi di stasiun ini sangat tepat. Sasaran utamanya adalah para pelanggan kereta api yang secara rutin menggunakan kereta untuk kepentingan sehari-hari terutama untuk bekerja. Dengan sudah divaksin, maka aman untuk mereka dan juga orang lain yang belum ada kesempatan untuk divaksin,” jelas Muhadjir.

Lebih lanjut, Menko PMK berharap agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin untuk mendapatkan kekebalan komunal atau herd immunity.

"Karena sudah terbukti bahwa siapa yang sudah mendapatkan vaksin tingkat kekebalannya relatif lebih baik daripada yang belum divaksin. Kita berharap Covid-19 ini segera berlalu salah satunya dengan vaksin ini," tandasnya.

Sebagai informasi, program vaksin ini dilakukan PT KAI dengan anak perusahaannya PT KCI yang bekerjasama dengan puskesmas setempat juga TNI dan Polri. Hingga saat ini ada empat stasiun yang menyelenggarakannya yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Duri dan Stasiun Angke dan menyiapkan 900 dosis vaksin pertama.

Kegiatan vaksinasi di empat stasiun KRL teresebut di mulai sejak Minggu (25/7) lalu. Setiap harinya, sekitar 200 sampai 300 vaksin dosis pertama diberikan kepada para penumpang maupun masyarakat yang ada di sekitar stasiun. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksin di empat stasiun tersebut, dapat mendaftar melalui website yang disediakan oleh PT KCI yaitu di https://vaksinasi.krl.co.id/daftar.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Deputi Bidang Kesehatan Kementerian Koordinator PMK Agus Suprapto.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021