sebanyak 40 tenaga kesehatan dikerahkan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 3.206 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas IA Jakarta Pusat akan mendapat layanan vaksinasi COVID-19 mulai pekan depan sebagai upaya dukungan percepatan program vaksinasi Pemerintah.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba Kelas IA Yohanis Varianto mengatakan  sejauh ini baru 105 warga binaan yang sudah divaksin.

Baca juga: Guru di Jakarta Barat bantu vaksinasi warga

"Sisanya ada 3.206 warga binaan yang akan divaksin. Petugas sipir juga turut divaksin dengan total 56 orang," kata Yohanis saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Ada pun vaksinasi untuk warga binaan Rutan Salemba dijadwalkan mulai 30 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Baca juga: Dukung program pemerintah, Jakpro siapkan 2.000 vaksin untuk warga DKI

Untuk membantu pelaksanaan vaksinasi, sebanyak 40 tenaga kesehatan dikerahkan. Para nakes berasal dari RS Pengayoman, Cipinang; Puskesmas Cempaka Putih dan dari Rutan Salemba.

"Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac, baik untuk warga binaan maupun sipir," kata Yohanis.

Baca juga: DKI catat 6,64 juta warga sudah divaksin dosis pertama

Vaksinasi terhadap warga binaan dan sipir di Rutan Salemba diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), serta meminimalisasi gejala berat jika terpapar virus.

Namun demikian, Yohanis menegaskan bahwa tidak ada warga binaan yang terpapar COVID-19.

Hal itu dipengaruhi oleh ketatnya peraturan di Rutan Salemba yang melarang kegiatan besuk, serta hanya dapat dilakukan secara virtual.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021