LKBN ANTARA keberatan nama Antara dicatut

LKBN ANTARA keberatan nama Antara dicatut

Sebuah flyer Antara Berqurban dari aliansi wartawan utara yang menamakan diri Antara. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah.

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara menyatakan sangat keberatan pemakaian nama Antara dicatut pada kegiatan pihak-pihak tertentu dalam sebuah acara sebagaimana kegiatan Antara Berqurban.

"LKBN Antara sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan Antara (Aliansi Wartawan Utara) yang memasang flyer untuk kegiatan Idul Adha 1442 Hijriah dengan nama Antara Berqurban," kata Kepala LKBN Antara Biro Utama Penyangga Jakarta Budi Setiawanto, Sabtu petang.

Menurut dia nama Antara sudah terdaftar dan memegang sertifikat merek dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai merek resmi untuk LKBN Antara sebagaimana dilindungi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek.

"Pelanggaran dan atau penyalahgunaan nama ini bisa berdampak pada hukum," katanya.

LKBN Antara mengingatkan pihak-pihak tertentu yang menggunakan nama Antara pada kegiatan Antara Berqurban agar menghentikan kegiatan dengan menggunakan nama Antara.

Baca juga: Polda Lampung dan LKBN ANTARA jalin kerja sama pemberitaan
Baca juga: Peduli pendidikan, LKBN ANTARA raih penghargaan dari Pemprov Papua
Baca juga: Sinergi BUMN, Jasa Raharja komitmen rangkul ANTARA dalam pemberitaan


"Jangan nodai kemuliaan Idul Adha dan ibadah dalam berkurban dengan menyalahgunakan nama Antara," ucapnya.

LKBN Antara juga mengimbau masyarakat umum terutama kalangan pemerintahan, TNI-Polri, BUMN dan BUMD, swasta, serta tokoh masyarakat untuk mewaspadai pihak-pihak yang menggunakan nama Antara pada kegiatan Antara Berqurban.

"Laporkan ke APH (aparat penegak hukum) apabila ada masyarakat yang mengetahui nama Antara disalahgunakan demi kepentingan oknum maupun kelompok," kata dia.
 
Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021