Mahasiswa diamankan saat aksi demo di Manado telah dipulangkan

Mahasiswa diamankan saat aksi demo di Manado telah dipulangkan

Polisi didukung aparat TNI dan Gustu COVID-19 Kota Ambon kembali membubarkan secara paksa aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa di depan Balai Kota Ambon yang menuntut pemberhentian pemberlakukan PPKM mikro. (16/7/2021). ANTARA/Daniel Leonard/am.

Ambon (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang diamankan polisi saat melakukan aksi demonstrasi menolak PPKM mikro di depan Kantor Pemkot Ambon pada Jumat (16/7) telah dipulangkan ke rumah mereka.

"Sudah dipulangkan semuanya sejak Jumat malam setelah dimintai keterangan oleh Satuan Reskrim dan Satuan Intel Polresta," kata Wakapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Heri Budi di Ambon, Sabtu.

Aparat kepolisian dibantu TNI dan Satgas COVID-19 Kota Ambon akhirnya membubarkan secara paksa aksi demo ratusan mahasiswa yang menolak pemberlakuan PPKM mikro oleh Wali Kota Ambon karena dinilai telah melanggar protokol kesehatan.

Baca juga: Polisi tangkap terduga provokator di demonstrasi tolak PPKM Ambon
Baca juga: Satgas COVID-19 sesalkan demo mahasiswa tolak PPKM di Ambon


Selain itu, aksi ini tidak mendapatkan izin resmi dari kepolisian karena selama PPKM mikro masih diberlakukan maka polisi tidak akan menerbitkan izin guna mencegah kerumunan masa dalam jumlah besar.

Saat dilakukan pembubaran paksa oleh polisi terjadi sedikit bentrokan tetapi ini bisa diamankan dengan baik oleh aparat keamanan.

Sementara beberapa mahasiwa yang menggunakan jaket almamater kampusnya berwarna hijau dan biru diamankan akibat terlibat bentrok dengan polisi maupun yang kedapatan sedang memprovokasi rekan mahasiswa lainnya.

"Kalau menyangkut berapa orang yang diamankan kemarin, bisa dikonfirmasi ke Satuan Intel dan Satreskrim karena mereka yang meminta keterangan para mahasiswa tersebut," ujar Wakapolresta.
Pewarta : Daniel Leonard
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021