Lebak (ANTARA) -
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kabupaten Lebak, Banten mengagendakan vaksinasi warga di kawasan pemukiman Badui 18 sampai 20 Juli 2921.
 
"Insyaallah, jika tidak ada perubahan dipastikan warga Badui yang tinggal di Desa Kanekes tanggal 18 sampai 20 Juli 2021 dilakukan vaksinasi," kata Kepala Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak dr Maytri Nurmaningsih di Lebak, Sabtu.
 
Masyarakat Badui yang berpenduduk 11.800 jiwa tersebar di 65 perkampungan hingga kini nihil penularan COVID-19, terlebih Kabupaten Lebak masuk zona merah.
 
Meski masyarakat Badui nihil penyebaran COVID-19 tetap pelaksanaan program vaksinasi dilakukan oleh petugas puskesmas setempat.
 
Kegiatan program vaksinasi direalisasikan 18 sampai 20 Juli 2021 berlokasi di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.
Mereka petugas vaksinator akan menargetkan sasaran vaksinasi bagi warga Badui sebanyak 180 orang.
 
"Kami berharap vaksinasi di kawasan Badui berjalan lancar dengan mengutamakan protokol kesehatan, " katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, Puskesmas Cisimeut membawahi pelayanan enam desa, termasuk pemukiman kawasan Badui yang tinggal di Desa Kanekes.
 
Namun, pihaknya mengapresiasi saat pelaksanaan vaksinasi publik untuk aparatur kepala desa hanya aparatur Desa Kanekes yang datang ke puskesmas menjalani vaksinasi.
 
Bahkan, Kepala Desa Kanekes yang juga tetua adat Badui mau dilakukan vaksinasi.
 
" Kami berharap aparatur lima desa lainnya bisa menjalani vaksinasi untuk mendukung agar Indonesia keluar dari penyebaran pandemi COVID-19," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, masyarakat Badui siap menjalani vaksinasi guna melindungi dari penularan virus corona.
 
"Kami tidak menjadikan masalah sepanjang vaksinasi itu bermanfaat bagi perlindungan tubuh dari serangan COVID-19 itu, " kata Kudil (40) warga Badui yang tinggal di Kampung Kadu Ketug Desa Kanekes Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021