Jakarta (ANTARA) -
Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mendukung tenaga kesehatan (nakes) dimana pun berada untuk menyukseskan Program Vaksinasi Nasional, kata.Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
 
Panglima TNI mengatakan hal itu saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Yayasan Pendidikan Islam Al-Mahbubiyah bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Jalan Jeruk Purut Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Rabu.
 
"Terima kasih kepada Pak Kiai atas peran sertanya dan ke depan akan lebih banyak lagi dalam capaian target pelaksanaan vaksinasi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)," kata Panglima TNI.

Baca juga: Panglima TNI sidak kesiapan Rumkitlap RSAU dr Esnawan
 
Panglima menyebutkan Indonesia saat ini sedang melaksanakan program vaksinasi nasional yang dilaksanakan secara serentak.
 
"Alhamdulillah hampir setiap hari bisa melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta. Pak Kiai saya laporkan Insya Allah sudah 50 persen dari target yang kita vaksin warga DKI Jakarta," tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini menambahkan TNI-Polri telah menurunkan tenaga kesehatan (nakes) yang dibantu Dinas Kesehatan, BKKBN, ormas, dan relawan.

Baca juga: Kapolri: Sinergitas TNI-Polri harga mati untuk wujudkan Indonesia maju
 
"Apabila target vaksinasi sebanyak 165.000 orang sehari khusus DKI Jakarta, maka Insya Allah awal Agustus 2021 Jakarta sudah masuk 'herd immunity'," katanya.
 
Sementara itu, Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan program vaksinasi ini terlaksana atas kerja sama antara PWNU DKI dengan TNI-Polri dan BNPB.
 
"Insya Allah hari ini (Rabu) sebanyak 750 orang dan kemarin 500 orang. Pelaksanaan vaksin akan terus berlanjut di seluruh Indonesia, tidak lama lagi Insya Allah sebelum tanggal 20 Juli 2021 kita rencanakan lebih banyak lagi jumlahnya,” harapnya.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan warga waspada COVID-19
 
Sebagai ormas keagamaan dan kemasyarakatan, kata Said Aqil, NU bekerja tanpa pamrih, betul-betul pengabdian bagi bangsa dan negara. Terutama bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dan bertanggung jawab atas kepedulian bersama.
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021