Netflix belum temukan sutradara hebat, kata direktur festival Cannes

Netflix belum temukan sutradara hebat, kata direktur festival Cannes

Remote control TV di tangan dan logo Netflix di latar belakang. Netflix adalah penyedia global streaming film dan serial TV. ANTARA/Shutterstock/pri. (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Direktur festival Cannes mengatakan Netflix dan platform streaming besar lain belum berhasil menemukan sutradara hebat.

Thierry Fremaux semakin mengobarkan api perseteruan antara festival film terbesar di dunia dan platform Amerika Serikat itu ketika dia menantang para pewarta untuk "sebutkan nama sutradara yang ditemukan oleh platform", Senin waktu setempat.

"Belum, bahkan setelah 10 tahun..." kata Fremaux ketika pewarta tak kunjung menjawabnya.

Netflix memboikot Cannes sejak 2018 setelah penyelenggara melarang film-film yang tayang di platform itu dari kompetisi karena mereka tidak mau menayangkannya di bioskop Prancis.

Meski Fremaux memuji Netflix yang mulai beroperasi sejak 2007 atas "pekerjaan luar biasa", dia dengan cepat memihak keajaiban dari layar lebar.

"Kami baru merayakan ulang tahun ke-125 hadirnya bioskop. Kita lihat apakah 100 tahun lagi kita akan merayakan ulang tahun platform (streaming)."

"Saya tidak berpikir Netflix atau yang lainnya bisa melewatkan festival film Cannes," ujar dia. " Anda akan melihat nama-nama masa di depan di daftar kami. Itulah mengapa dialog harus dibuat."

Hubungan antara Cannes dan Netflix memburuk pada 2017 ketika pemilik sinema Prancis protes atas masuknya dua film dari platform tersebut di kompetisi utama. Setahun kemudian, Cannes mewajibkan film tayang di bioskop Prancis untuk bisa berkompetisi di Palme d'Or. Netflix kemudian mencabut tiga film dari Cannes di detik-detik terakhir.

Setelah itu, CEO Netflix Reed Hastings mengakui mereka kebablasan. "Kadang kami berbuat salah. Kami kebablasan terlalu jauh dalam situasi dengan Cannes ini."

Di hadapan publik, kedua pihak terlihat sudah akur. Fremaux mengatakan mereka "berteman... Kami bicara sepanjang waktu."

Namun tiga tahun berlalu, Netflix masih tidak terlalu bersahabat dengan Cannes, sementara rival mereka Amazon dengan senang hati menuruti aturan. Amazon menayangkan dua film di Cannes tahun ini, termasuk film pembuka "Annette" yang dibintangi Adam Driver dan Marion Cotillard, demikian AFP.

Baca juga: Kata Spike Lee soal layanan streaming film

Baca juga: Musikal "Annette" membuka festival film Cannes

Baca juga: Karpet merah kembali di Festival Film Cannes
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021