Jakarta (ANTARA) - Turnamen catur daring (online) tingkat nasional memeriahkan hari ulang tahun Bhayangkara ke-75 akan berlangsung hari Minggu (4/7/2021) dengan menggunakan platform Lichess.

Menurut keterangan tertulis dari panitia turnamen, Kamis, turnamen catur online dipilih untuk memeriahkan HUT Bhayangkara yang jatuh tanggal 1 Juli 2021 karena kegiatan olah raga ini dinilai relatif aman di tengah pandemi covid 19.

“Turnamen ini digelar juga sebagai implementasi dari transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 yang kembali merebak dengan ditemukannya varian Delta yang telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia,” kata penggagas turnamen, H. Agustiar Sabran yang juga Ketua Umum Pengprov Percasi Kalimantan Tengah.

Selain Agustiar, penggas turnamen catur daring ini adalah Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, dan Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Menurut Agustiar Sabran, turnamen catur masih bisa dilaksanakan yaitu secara online, dimana setiap peserta tidak harus saling berhadapan langsung tetapi melalui media internet.

Khusus catur. salah satu platform yang paling diminati para pecatur Indonesia adalah Lichess, karena platform ini gratis dan tanpa iklan.

“Catur Online Bhayangkara ke-75 ini untuk pelaksanaannya bekerjasama dengan PB. Percasi” kata Agustiar Sabran.

Baca juga: Ini capaian kinerja Polri di HUT ke-75 Bhayangkara

Adapun format pertandingan yang digunakan adalah catur kilat 5 menit tanpa increment, dengan ketentuan pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, dimana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Semakin cepat mengalahkan lawan maka semakin cepat pula seorang pemain mengumpulkan angka/poin. Sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah.

Baca juga: Percasi Kalteng gelar turnamen daring peringati kelahiran Bung Karno
Baca juga: Percasi Lampung bertekad sumbang medali PON Papua

Dari seluruh peserta babak penyisihan yang diperkirakan akan mencapai ribuan orang, 75 peringkat teratas (sesuai usia Bhayangkara Tahun 2021) berhak maju ke babak final. Di babak final digunakan sistem pertandingan Swiss 8 babak.

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis, bahkan disediakan hadiah bagi para peserta senilai puluhan juta rupiah!

Berikut jadwal pertandingan:

- Babak Penyisihan: Minggu, 4 Juli 2021 Start Pukul 14.00 WIB
Catur Kilat 5 menit. Sistem Arena 120 menit .

- Babak Final: Minggu, 4 Juli 2021 Start Pukul 20.00 WIB
Catur Kilat 5 menit. Sistem Swiss 8 Babak.

Baca juga: Indonesia tambah satu wakil ke Piala Dunia Catur 2021
Baca juga: Susanto raih tiket ke Piala Dunia Catur 2021
Baca juga: Duel catur Irene Sukandar vs Raffi Ahmad catatkan rekor MURI

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021