Keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia yang berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal selalu berusaha melakukan inovasi terbaru
Jakarta (ANTARA) - Pasangan legenda bulu tangkis Indonesia Susy Susanti dan Alan Budikusuma memperluas strategi pemasaran merek peralatan olahraga milik mereka, Astec, dengan mengusung konsep omni-channel.

"Keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia yang berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal selalu berusaha melakukan inovasi terbaru," ujar Susy dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Astec, yang merupakan singkatan dari "Alan Susy Technology," dirilis pada pertengahan 2018 bekerjasama dengan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) untuk mengembangkan produk dan bisnis.

Baca juga: Kemarin, Alan & Susy bicara cinta hingga tren gaya hidup positif

General Manager Brand Marketing PT MAP Aktif Adiperkasa, Nino Priambodo, dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa strategi pemasaran Astec adalah distribusi omni-channel.

"Jadi, hadir di hampir semua channel. Yang pasti di offline kita bisa ditemukan di gerai-gerai Sport Station hampir di seluruh Indonesia, di online atau ecommerce, ada Planetsports.Asia, itu otomatis anak milenial yang minatnya olahraga atau lifestyle itu akan ke situ," kata Nino.

Selain itu, Astec juga hadir di mapclub.com, dan juga yang terbaru berkerjasama dengan Shopee, yang diharap dapat memudahkan dalam pembelian melalui aplikasi e-commerce tersebut.

"Hari ini juga spesial kita ingin mengumumkan bahwa Astec mempunyai Astec Official Shop di Shopee, itu yang akan menjangkau kaum milenial," ujar Nino.

Baca juga: Alan Budikusuma & Susy Susanti bicara cinta dan olahraga kala pandemi

Selain strategi omni-channel, Astec juga mencoba untuk memperluas target pasar dengan menghadirkan berbagai varian produk. Secara kategori, Nino menjelaskan produk utama Astec adalah peralatan bulu tangkis, mulai dari sepatu, pakaian, peralatan, termasuk raket, shuttlecock dan tas.

Kini, Astec juga menghadirkan peralatan olahraga secara general, seperti lari, fitness training, termasuk pakaian untuk lifestyle sehari-hari yang terinspirasi dari olahraga, serta yang terbaru hijab active-wear khusus untuk para perempuan muslim yang ingin tertutup saat berolahraga dengan bahan yang nyaman.

"Saat ini disamping jogging, walking yang sangat banyak, karena memang di situasi pandemi ini disarankan berolahraga di outdoor. Ini satu hal yang baik kita punya produk untuk masyarakat untuk membantu selalu sehat... Yang luar biasa saat ini ada untuk hijab," kata Alan.

Saat ini produk-produk merek Astec tengah menjajaki pengembangan bisnis ke pasar internasional. Astec juga turut menyelenggarakan beberapa kompetisi bertajuk "Astec Open" yang bertujuan untuk menjaring bibit–bibit bulu tangkis pemula di Indonesia.

Baca juga: Doyan susu, Alan Budikusuma minum hingga dua liter sehari

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021