Yogyakarta pasang target selesaikan vaksinasi COVID-19 Agustus

Yogyakarta pasang target selesaikan vaksinasi COVID-19 Agustus

Vaksinasi massal di GL Zoo Yogyakarta, 18 Juni 2021 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta memasang target besar untuk mendukung upaya penanganan COVID-19, yaitu menyelesaikan vaksinasi kepada seluruh warga kota tersebut yang sudah memenuhi syarat pada Agustus mendatang.

"Harapannya, pada 17 Agustus seluruh warga Kota Yogyakarta sudah memperoleh vaksinasi COVID-19," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai meninjau vaksinasi massal di GL Zoo Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, target yang ditetapkan memang cukup berat, sehingga membutuhkan kerja keras dari seluruh pihak, baik dari pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, dan dukungan dari pihak swasta.

Baca juga: Yogyakarta gencarkan vaksinasi COVID-19 massal percepat capai target

Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut, lanjut Haryadi, adalah memperbanyak program vaksinasi massal dengan dukungan dari pihak swasta untuk penyediaan lokasi vaksinasi.

"Kami persilakan pihak swasta untuk mendukung penyediaan lokasi vaksinasi massal, karena salah satu kebutuhan dalam vaksinasi yang melibatkan banyak orang adalah tempat yang memadai," katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga tengah menyiapkan sentra vaksinasi di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kota itu. "Masyarakat bisa datang langsung, didata, dan apabila memenuhi syarat untuk vaksin, akan langsung divaksin," katanya.

Sementara itu, vaksinasi massal yang digelar di GL Zoo, Jumat (18/6) diikuti sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus pastoral gereja Katolik di Kota Yogyakarta. Vaksinasi dilakukan dengan vaksin AstraZeneca.

"Pada Juni ini, kami berupaya untuk menyelesaikan vaksinasi kepada lansia, pralansia, tokoh agama, dan tokoh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan hingga saat ini sudah sekitar 140.000 warga Yogyakarta yang memperoleh vaksinasi dosis pertama. "Yang sudah menjalani vaksinasi secara lengkap, dua dosis, sekitar 105.000 hingga 110.000 orang," katanya.

Baca juga: Yogyakarta mulai vaksinasi warga pra-lansia berusia di atas 50 tahun

Baca juga: Sekjen Kemenkes: Penyandang disabilitas prioritas vaksinasi COVID-19


Meskipun demikian, tidak semua sasaran vaksinasi di Kota Yogyakarta merupakan warga kota itu, karena vaksinasi tidak dilakukan berdasarkan domisili.

"Vaksinasi juga dilakukan dengan AstraZeneca. Sudah ada 21.000 dosis yang disuntikkan dan masih ada 20.000 dosis vaksin yang akan diberikan," katanya.

Sedangkan perkembangan kasus COVID-19, pada Jumat (18/6) terdapat 82 kasus COVID-19 baru di Kota Yogyakarta, 22 pasien sembuh atau selesai isolasi, dan satu pasien meninggal dunia. Dengan demikian, total kasus aktif COVID-19 di Yogyakarta tercatat 521 kasus dengan 519 pasien isolasi dan dua rawat inap di rumah sakit. 

#ingatpesanibu 
#sudahdivaksintetap3m 
#vaksinmelindungikitasemua 

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah 595 orang 
Baca juga: Dinkes DIY minta rumah sakit menambah tempat tidur pasien COVID-19 
Baca juga: Kemenkes tingkatkan pengawasan genom lacak varian baru 

 
Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021