Jakarta (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama akan melakukan giat penghormatan bendera Merah Putih setiap tanggal 17 sebagai upaya memperkokoh kesadaran berbangsa dan bernegara.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap seluruh ASN semakin memiliki rasa syukur, cinta Tanah Air, sekaligus terpacu semangatnya untuk mengabdi secara total kepada bangsa dan negara," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menag terbitkan edaran pembatasan untuk kegiatan di rumah ibadah

Baca juga: Menko PMK apresiasi program prioritas Kemenag


Yaqut mengatakan giat ini akan menjadi lembar sejarah baru bagi ASN di lingkungan Kemenag. Ia berharap penghormatan bendera Sang Saka Merah Putih yang disertai lagu Indonesia Raya dan diiringi doa ini tidak menjadi rutinitas semata, tapi bentuk komitmen kebangsaan seluruh ASN Kementerian Agama.

Yaqut telah menuangkan kegiatan ini melalui Instruksi Menteri Agama No 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa. Melalui instruksi ini, Menag meminta seluruh jajarannya melaksanakan secara rutin di lingkungan masing-masing sebagai ikhtiar bersama memperkuat patriotisme dan nasionalisme.

"Kegiatan penghormatan bendera Merah Putih dan doa ini adalah upaya strategis Kementerian Agama untuk semakin memperkokoh persatuan bangsa," katanya.

Sebagai abdi negara, kata dia, para ASN sudah seharusnya menjadi bagian penting penguat pilar bangsa. Apalagi, ASN Kementerian Agama cukup banyak dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Kemenag sebut bimtek penceramah untuk perkuat moderasi beragama

Instruksi Menteri Agama No 2 tahun 2021 itu ditujukan kepada seluruh pejabat Eselon I Pusat, pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis.

"Mari jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk menerjemahkan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan secara bersungguh-sungguh. Nilai-nilai luhur itu harus terus kita tanamkan dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021