Kampung Rendang masuk nominasi di kategori destinasi belanja sedangkan Kampung Adat Balai Kaliki masuk dalam kategori kampung adat.
Payakumbuh (ANTARA) - Dua destinasi di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, yakni Kampung Rendang dan Kampung Adat Balai Kaliki masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Selasa, mengatakan Kampung Rendang masuk nominasi di kategori destinasi belanja sedangkan Kampung Adat Balai Kaliki masuk dalam kategori kampung adat.

"Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak atas capaian ini. Perjuangan untuk menjadikan Payakumbuh sebagai destinasi wisata kota kuliner dengan dukungan adat budaya akan melalui prosesnya," ujarnya.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas motor hidupkan pariwisata Indonesia

Ia berharap dua destinasi Kota Payakumbuh yang mengikuti dua kategori tersebut juga bisa terus menjadi yang terbaik.

"Mari lestarikan selalu budaya kita, karena beberapa daerah yang semakin aktif dan giat dalam mengirimkan usulan nominasi, terutama untuk wilayah Indonesia bagian Timur. Kita jangan sampai kalah semangat,” ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah mendapat apresiasi dari Chairman of Anugerah Pesona Indonesia Hiro Kristianto, mengingat kondisi pandemi yang sedang melanda seluruh wilayah Indonesia tetapi para Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisatanya masih tetap aktif dan bersemangat menunjukkan kinerja terbaiknya.

“Bila disimak dari seluruh nominasi yang masuk, dapat dilihat pula bahwa semakin beragam dan banyak sekali destinasi dan produk pariwisata baru yang selama ini mungkin belum terlalu dikenal oleh para wisatawan ataupun masyarakat umum lainnya," kata dia.

Baca juga: Pemkot Malang siapkan strategi tarik wisatawan mancanegara

Hal ini, sambung dia menunjukkan bahwa kekayaan Pariwisata Indonesia memang sangat banyak sekali dan tidak akan ada habisnya untuk selalu di eksplor.

"API ini juga akan dapat terus menjadi pemicu bagi pengembangan dan kebangkitan Pariwisata Indonesia,” kata dia.

Untuk dapat memenangi API 2021 ini, dua nominator dari Kota Payakumbuh bisa didukung dengan memberikan pilihan pada periode pemungutan suara antara tanggal 1 Juli hingga 31 Oktober 2021.

Pemungutan suara dapat dilakukan melalui IG @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS premium. Untuk SMS premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 dengan mengetik Kampung Rendang (API 5F) dan Kampung Adat Balai Kaliki (API 11G).


 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021