di kabupaten tetangga, yakni di Kabupaten Bangkalan, lonjakan kasus COVID-19 ini sangat mengkhawatirkan
Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Selasa malam, melaporkan tambahan pasien COVID-19 meninggal dunia di wilayah itu sehingga total jumlah warga meninggal dunia akibat virus corona jenis baru itu 91 orang.

"Pasien COVID-19 yang meninggal dunia per hari ini berinisial S (40), warga asal Kecamatan Pasean," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah di Pamekasan, Selasa.

Warga berinsial S sebelumnya diisolasi di RSUD Pamekasan, setelah yang bersangkutan terkonfirmasi COVID-19 berdasarkan hasil tes usap dilakukan Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan.

Dengan meninggalnya satu pasien itu, saat ini jumlah warga Pamekasan yang masih diisolasi berkurang tiga orang.

"Sebelumya pasien yang diisolasi sebanyak empat orang. Namun, karena satu orang meninggal dunia, maka kini tinggal tiga orang," katanya.

Baca juga: Terminal Larangan Tokol Pamekasan disekat tim Satgas COVID-19 gabungan

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan, total jumlah warga Pamekasan positif COVID-19 hingga 8 Juni 2021, sebanyak 1.172 orang dengan rincian 1.078 orang telah dinyatakan sembuh, 91 orang meninggal dunia, sedangkan warga yang masih diisolasi tiga orang.

Warga Pamekasan yang terdata suspect COVID-19 sebanyak 1.238 orang dengan rincian delapan orang dalam pengawasan, 1.133 orang selesai pengawasan, sedangkan yang meninggal dunia 97 orang.

"Sebenarnya kasus COVID-19 di Kabupaten Pamekasan ini sudah termasuk landai dibanding sebelumnya. Namun demikian, penerapan protokol kesehatan tetap kita perketat, untuk mengantisipasi penyebaran, mengingat di kabupaten tetangga, yakni di Kabupaten Bangkalan, lonjakan kasus COVID-19 ini sangat mengkhawatirkan," kata Arif.

Selain meningkatkan patroli ke berbagai tempat keramaian, Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan juga melakukan penyekatan di pintu masuk menuju Kota Pamekasan, yakni di Jalan Raya Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, dengan melakukan tes cepat antigen kepada pengendara yang masuk Kota Pamekasan.

Baca juga: Penyekatan Jembatan Suramadu dilakukan di sisi Surabaya dan Bangkalan
Baca juga: RSUD Soetomo Surabaya terima pasien COVID-19 rujukan Bangkalan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021