cukup efektif meningkatkan minat lansia
Cianjur (ANTARA) - Polsek Pacet, Cianjur Jawa Barat, memberikan hadiah satu ekor ayam bagi lansia yang siap mendapatkan vaksinasi sebagai upaya mendongrak minat lansia untuk mau ikut vaksinasi COVID-19.

Bahkan Polsek Pacet juga menyediakan kendaraan untuk antar jemput lansia yang siap menjalani vaksinasi sebagai bentuk mendukung program Pemkab Cianjur, Nyaah Ka Kolot atau sayang pada orang tua serta mendukung penuh vaksinasi untuk lansia.

"Kami menyiapkan 200 ekor ayam hidup yang akan diberikan pada lansia yang siap mendapatkan vaksinasi. Upaya tersebut dilakukan untuk menggenjot target vaksinasi lansia yang masih rendah di Cianjur," kata Kapolsek Pacet AKP Galih Apria di Cianjur Selasa.

Ia menjelaskan, minimnya minat vaksinasi di wilayah Pacet dan Cipanas membuat Forkopimcam dua wilayah, mencari cara untuk menarik minat warga terutama lansia, sehingga didapat 300 orang lansia dari dua kecamatan, menjalani vaksin dosis pertama yang digelar di halaman Mapolsek Pacet.

"Sesuai dengan target 300 orang lansia menjalani vaksinasi pertama dan akan dilanjutkan vaksinasi kedua setelah dua minggu. Mereka tidak hanya mendapat ayam hidup, namun pulang perginya kita jemput menggunakan kendaraan operasional kepolisian yang ada," katanya.

Baca juga: Sebanyak 4,4 juta lansia di Jabar akan divaksinasi COVID-19
Baca juga: Menkes: Vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Jabar rendah


Koordinator Imunisasi Puskesmas Pacet, Anggy Yuslianti, mengatakan hadiah ayam hidup dari kepolisian, mendapat perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat, sehingga target vaksinasi untuk kedua kecamatan dapat terpenuhi. Bahkan pihaknya menilai tingkat partisipasi lansia cukup tinggi ketika diiming-imingi hadiah.

"Kuota Kecamatan Pacet dan Cipanas sebanyak 300 sudah terpenuhi, pemberian hadiah ayam hidup cukup efektif meningkatkan minat lansia untuk mendapatkan vaksinasi," kata dia.

Untuk vaksinasi tahap kedua, tambah dia, ratusan orang lansia tersebut, akan kembali menjalaninya setelah dua pekan ke depan."Kami berharap upaya yang dilakukan pihak kepolisian terhadap warga terutama lansia, dapat lebih meningkatkan partisipasi warga di Cianjur," katanya.

Baca juga: Pemerhati imunisasi ajak edukasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia
Baca juga: Wamenkes: Kasus COVID-19 kelompok Lansia cenderung naik usai Lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021