elain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, Berdikari melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas cold storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brasil kepada masyarakat s
Jakarta (ANTARA) - BUMN peternakan PT Berdikari (Persero) menjalin kerja sama dengan rumah potong hewan (RPH) di Balaraja Tangerang, Banten, dalam rangka menjaga suplai dan harga daging sapi dengan kualitas aman, sehat, utuh, halal (ASUH).

Penandatanganan nota kesepahaman serta pemotongan perdana suplai sapi Berdikari di RPH tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara dan Direktur Operasional Muhammad Hasyim bersama dengan pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, RPH tersebut memiliki fasilitas feedlot hingga 700 sapi, kapasitas potong lebih dari 10 sapi per hari, dan dapat mencukupi kebutuhan daging segar di Jabodetabek khususnya pasar-pasar di sekitar RPH. RPH Balaraja telah menyuplai secara rutin daging segar untuk pasar di wilayah Cikupa, Cisoka, Cikande, Cengkareng, Pandeglang, hingga pasar Tanah Abang.

Baca juga: KBS-Berdikari Logistik kerja sama jaga stabilitas pangan

“Selain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, Berdikari melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas cold storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brasil kepada masyarakat sekitar, di mana diharapkan suplai daging sapi melalui RPH ini akan membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, juga memberikan pilihan akses kepada masyarakat akan kebutuhan daging segar maupun daging beku," kata Harry.

Pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno menyampaikan bahwa kerja sama dengan Berdikari disebut akan sangat membantu dalam meningkatkan suplai daging sapi kepada masyarakat khususnya area barat Balaraja yang merupakan saluran distribusi dari hasil potong RPH. Selain itu juga mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas feedlot serta mengoptimalkan kapasitas potong dari RPH dapat membantu menjaga stabilitas harga lantaran suplai tercukupi.

Baca juga: BUMN pangan impor daging Brasil jaga stabilitas harga jelang Lebaran

Sebelumnya Berdikari juga telah melakukan kerjasama serupa dengan RPH di Jatiwarna, Cilangkap, Jakarta Timur dan tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan RPH lainnya. Berdikari menargetkan akan lebih banyak kemitraan dan kerja sama dengan Rumah Potong Hewan untuk mendekatkan serta menjaga suplai kebutuhan daging di tengah masyarakat.

"Kerja sama ini merupakan komitmen Berdikari sebagai BUMN pangan dalam kontribusinya sebagai buffer stock pangan khususnya daging sapi bagi masyarakat. Sebagaimana komitmen Berdikari sebagai anggota dari BUMN Klaster Pangan untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” kata Harry Warganegara.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021