Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil AS, Ford Motor, mengonfirmasi kerja sama barunya dengan perusahaan Korea Selatan, SK Innovation, untuk membentuk usaha patungan yang memproduksi sel baterai untuk kendaraan listrik.

"MoU ini baru permulaan; ini adalah bagian penting dari rencana kami untuk mengintegrasikan kapabilitas utama secara vertikal yang akan membedakan Ford jauh ke masa depan," kata Jim Farley, presiden dan CEO Ford, dikutip Jumat.

Kedua belah pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk membuat usaha patungan--yang disebut BlueOvalSK--untuk memproduksi sekitar 60 GWh modul array dan sel baterai traksi mulai pertengahan dekade ini.

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Ford, pembuat mobil terkemuka dan ikonik di Amerika. Ford adalah salah satu pemain paling aktif dalam elektrifikasi kendaraan saat ini. Kami bangga bisa membuka babak baru ini dalam sejarah panjang mereka," kata Kim Jun, CEO & Presiden SK Innovation.

Kim Jun mengatakan joint venture dengan Ford akan memainkan peran penting dalam menyempurnakan rantai nilai kendaraan listrik di Amerika Serikat, tujuan utama dari pemerintahan AS saat ini.

Baca juga: Ford tarik lebih 600.000 Explorer

Baca juga: Ford akan produksi kendaraan komersial ringan di Rumania


Sel dan susunan baterai generasi berikutnya akan digunakan untuk memberi daya pada beberapa kendaraan listrik baterai Ford masa depan.
Melalui usaha patungan, Ford dan SKI akan bersama-sama mengembangkan dan mengindustrialisasi sel baterai dalam skala yang disesuaikan untuk memberikan kinerja dan nilai optimal bagi pelanggan Ford dan Lincoln.

Rencana BEV global Ford membutuhkan setidaknya 240 gigawatt jam (GWh) kapasitas sel baterai pada tahun 2030--kira-kira setara dengan kapasitas 10 pabrik. Sekitar 140 GWh akan dibutuhkan di Amerika Utara, dengan sisanya didedikasikan untuk wilayah utama lainnya, termasuk Eropa dan China.

"Produsen mobil global memuji baterai EV SK Innovations karena keamanan, kapasitas tinggi, dan umurnya yang panjang," kata Jee Dong-seob, Kepala Bisnis Baterai SK Innovation.

SK Innovation akan memasok baterai untuk truk pikap Ford F-150 legendaris dan terlaris versi elektrik.

SK Innovation telah memelopori pengembangan baterai EV ukuran sedang hingga besar sejak 1991 dan telah memperluas operasi baterai secara global sejak 2010.

SK telah mengoperasikan pabrik baterai di Commerce, Georgia, AS--melayani dua OEM global--dan memperluas produksinya kapasitas di Uni Eropa dan China. SK Innovation berencana untuk menjadi salah satu dari tiga pemasok baterai EV teratas dunia pada tahun 2025 dengan kapasitas produksi global lebih dari 125 GWh.

Ford tahun ini mengumumkan komitmennya untuk menginvestasikan setidaknya 22 miliar dolar hingga 2025 untuk menghadirkan kendaraan listrik yang terhubung, yang dibangun di atas area kekuatannya, dimulai dengan versi EV dari papan nama yang paling populer--termasuk Mustang Mach-E, E-Transit dan F-150 Lightning.

Untuk mendukung rencana baterai jangka panjangnya, Ford berinvestasi dalam R&D baterai. Bulan lalu, Ford mengumumkan pusat keunggulan baterai global baru--bernama Ford Ion Park--untuk mempercepat R&D teknologi baterai dan sel baterai, termasuk pembuatan baterai di masa depan.

Tim Ford Ion Park sudah berjalan. Selain itu, laboratorium pembelajaran kolaboratif senilai 185 juta dolar di Michigan Tenggara yang didedikasikan untuk mengembangkan, menguji, dan membangun sel baterai kendaraan dan susunan sel dibuka akhir tahun depan.

Awal bulan ini, Ford juga mengumumkan akan meningkatkan investasinya di Solid Power, produsen baterai solid-state untuk kendaraan listrik terkemuka di industri.

Awalnya berinvestasi di Solid Power pada tahun 2019, Ford melakukan investasi ekuitas tambahan untuk membantu mempercepat pengembangan lebih lanjut teknologi baterai kendaraan solid-state, berkontribusi pada putaran investasi Seri B senilai 130 juta dolar di mana BMW Group menjadi pemilik ekuitas yang setara dengan Ford.

Baca juga: Ford dan SK Innovation akan bangun pabrik baterai di AS

Baca juga: Ford akan hadirkan asisten suara Alexa untuk mobil baru

Baca juga: Truk pikap listrik pertama Ford akan dinamai F-150 Lightning
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021