Makassar (ANTARA) - Harga sembilan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Makassar mulai normal setelag sepekan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu diakui salah seorang pedagang di Pasar Terong, Makassar H Nurdin di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, harga ayam potong yang sempat melonjak pada H-1 lebaran, kini kembali ke harga normal menjadi Rp45 ribu - Rp50 ribu per ekor untuk berat sekitar 1,5 kilogram.

Hal yang sama juga terjadi pada penjualan daging sapi Rp100 ribu - Rp110 ribu per kg.

Sementara itu, H Bahar di Pasar Pannampu mengatakan,harga telur ayam ras kini rata-rata dijual Rp38 ribu - Rp45 ribu per rak.

"Kondisi itu jauh berbeda ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, harg telur ayam ras mencapai Rp50 ribu per rak," katanya.

Perkembangan harga Sembako di lapangan itu, lanjut dia, seiring dengan persediaan komoditi di lapangan dan animo masyarakat membeli Sembako.

Hal itu dibenarkan Kadis Perindag Sulsel Ashari Fakhirie Radjamilo.

Dia mengatakan, fluktuasi harga sembako di lapangan saat menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah, masih dalam batas kewajaran sebagai refleksi hukum ekonomi.

"Apabila barang yang tersedia tetap, namun permintaan pembeli meningkat maka harga barang akan meningkat, begitu pula sebaliknya," katanya.
Suasana aktivitas pasar tradisional yang diantaranya menjual telur ayam ras di Makassar, ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021