LLDIKTI XI: UNIKARTA dapatkan akreditasi Baik Sekali

LLDIKTI XI: UNIKARTA dapatkan akreditasi Baik Sekali

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah mengatakan Universitas Kutai Kartanegara (UNIKARTA) mendapatkan akteditasi Baik Sekali setelah memenuhi sembilan syarat administrasi sebagaimana yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu di Banjarmasin, Senin, mengatakan akreditasi tersebut berdasarkan sertifikat akreditasi BAN-PT No. 412/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2021 yang ditetapkan 11 Mei 2021 dan berlaku hingga 11 Mei 2026.

"Jadi penetapan tersebut keluar dua hari sebelum Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, tentu ini seperti hadiah menjelang perayaan kemenangan bagi umat muslim," katanya.

Menurut Prof Udiansyah, penetapan akreditasi Baik Sekali tersebut, setelah Universitas Kutai Kartanegara mampu memenuhi Dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi Berdasarkan Perban 2 2017 tentang Sistem Akreditrasi Nasional.

Sembilan ketentuan kriteria penilaian baru akreditasi tersebut yaitu, visi misi tujuan dan sasaran perguruan tinggi, tata pamong, tata kelola dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian, luaran dan capaian.

Dari sembilan kriteria ini selanjutnya dideskripsikan pada dua dokumen, yaitu Laporan Kinerja Akademik perguruan tinggi (LK PT)/ Laporan kinerja Program Studi (LK PS) dan Laporan Evaluasi Diri perguruan tinggi (LED PT) / Laporan Evaluasi Diri Program Studi (LED PS).

Prof Udiansyah kembali menekankan, akreditasi Baik Sekali, tidak setara dengan akreditasi B.

"Untuk bisa mendapatkan akreditasi Baik Sekali, PT yang sebelumnya telah terakreditasi B harus mengisi formulir Instrumen Suplemen Konversi (ISK)," katanya.

Instrumen Suplemen Konversi peringkat Akreditasi atau disebut ISK adalah instrumen yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif (DE) BAN-PT dan ditetapkan oleh Majelis Akreditasi (MA) BAN-PT yang khusus digunakan untuk konversi peringkat dari sistem peringkat A, B, dan C ke sistem peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.
(Antaranews Kalsel/Istimewa)

Berdasarkan Peraturan BAN-PT No 2 tahun 2020 tentang Instrumen Suplemen Konversi, maka BAN-PT menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) untuk melakukan konversi yaitu,

Dari peringkat akreditasi A ke peringkat akreditasi Unggul. Dari peringkat akreditasi B ke peringkat akreditasi Baik Sekali. Dari peringkat akreditasi C ke peringkat akreditasi Baik.

Menurut Prof Udiansyah, PT yang telah mendapatkan akreditasi B untuk bisa mendapatkan akreditasi Sangat Baik, harus memenuhi beberapa syarat sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan

"Jadi status akreditasi Sangat Baik, berada di atas akreditasi B," katanya.

Akreditasi Baik Sekali Universitas Kutai Kartanegara ini, menambah daftar kampus berkualitas yang berada di bawah binaan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, yang kini menjadi enam.

Ke enam PTS tersebut adalah, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Singkawang, Kalimantan Barat dan STIE Balikpapan yang berhasil mendapatkan akreditasi Baik Sekali.

Kemudian Poltek Tonggak Equator, Stikes Dirgahayu Samarinda dan terakhir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang juga mendapatkan akreditasi Baik Sekali, dan yang baru saja keluar adalah Universitas Kutai Kartanegara.

Sebelumnya, tambah guru besar yang biasa dipanggil Prof Udi ini, sudah ada empat program studi yang mendapatkan akreditasi A, yaitu program studi administasi negara pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Selain itu, program magister administrasi negara yang juga di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, Kalimantan Barat, yang juga mendapatkan akreditasi A serta Program studi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kaltim - Meraih Akreditasi A dari LAM PT Kesehatan .

Pencapaian tersebut, tambah dia, menunjukkan bahwa PTS di Kalimantan mampu bersaing dengan PTS di daerah lain, asalkan bersedia bekerja keras dan memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Baca juga: 81 PTS LLDIKTI Wilayah X peroleh hibah penelitian Kemdikbudristek
Baca juga: LLDIKTI-X segera sosialisasikan vaksinasi bagi seluruh dosen

 
Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021