Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar tes cepat antigen untuk memastikan kondisi kesehatan pegawainya usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi.

"Hari ini, seluruh pegawai di Kemenko PMK, aparatur sipil negara (ASN) maupun Non-ASN yang berjumlah sekitar 486 orang, kami lakukan swab antigen," kata Sekretaris Kemenko PMK (Sesmenko PMK) Satya Sananugraha, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Satya mengatakan pelaksanaan tes cepat antigen yang berlangsung di lingkungan Kantor Kemenko PMK itu adalah langkah antisipasi bahwa seluruh pegawai dalam kondisi sehat dan terbebas dari COVID-19.

“Kita tahu bahwa pekan lalu libur cukup panjang dan kami tidak bisa mengawasi 24 jam penuh aktivitas masing-masing pegawai. Karena itu, swab antigen ini kami lakukan untuk memastikan seluruh pegawai sehat dan terbebas dari COVID-19 sebelum mereka kembali beraktivitas dan bekerja dari kantor," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 486 pegawai, termasuk 12 pekerja katering dan enam pramubakti, dinyatakan negatif COVID-19.

Sebelumnya, pria yang karib disapa Sani itu juga menegaskan bahwa Kemenko PMK telah menginstruksikan kepada seluruh pegawai untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran.

Hal tersebut sebagaimana perintah dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan ke Luar Daerah dan atau Mudik dan atau Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

“Sesuai instruksi tersebut, seluruh pegawai Kemenko PMK tercatat tidak ada yang mengajukan cuti baik itu untuk libur Lebaran apalagi untuk mudik,” kata Sani.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021