Selama tujuh hari kita membutuhkan sekitar 31.000 tes usap antigen
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya serta Kodam Jaya menyiapkan 31.000 tes usap antigen di pos penyekatan arus balik untuk warga Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang baru tiba dari luar kota usai libur Lebaran 2021.

"Selama tujuh hari kita membutuhkan sekitar 31.000 tes usap antigen," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran di Jakarta, Minggu.

Fadil menuturkan pihaknya kekurangan persediaan antigen COVID-19 di pos penyekatan arus balik, namun telah dipenuhi oleh Pemprov DKI Jakarta sebanyak 17.000 antigen.

Diungkapkan Kapolda Metro Jaya, tim terpadu melakukan tes antigen secara acak terhadap warga yang masuk wilayah Jabodetabek usai pulang mudik ke kampung halaman.

Fadil mengingatkan kembali kepada warga yang masuk wilayah Jabodetabek agar melengkapi surat bebas COVID-19 dan hasil tes antigen atau tes usap PCR yang menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: DKI minta warga yang tiba di Jakarta lapor RT dan RW

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan surat bebas COVID-19 bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan petugas akan memeriksa kelengkapan surat bebas COVID-19 dan hasil antigen terhadap masyarakat yang memasuki Jakarta secara acak atau random.

Apabila ada kendaraan yang tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19, maka petugas akan mengarahkan kendaraan tersebut ke posko yang telah disediakan untuk menjalani tes usap antigen.

"Kalau ada yang reaktif maka yang bersangkutan kita akan periksa, kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilanjutkan dengan PCR dan selama menunggu hasil PCR maka dia akan menjalani isolasi," ujar Sambodo.

Adapun lokasi pos pemeriksaan surat bebas COVID-19 yakni:

Baca juga: Polda Metro rencanakan pos pemeriksaan arus balik hingga akhir Mei

1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
5. Jatiuwung, Kota Tangerang.
6. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
7. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
8. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
9. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
10. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
11. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
12. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Pewarta: Taufik Ridwan dan Fianda SR
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021