Ford akan hadirkan asisten suara Alexa untuk mobil baru

Ford akan hadirkan asisten suara Alexa untuk mobil baru

Logo Ford (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Mobil terbaru perusahaan otomotif Ford termasuk pikap listrik F-150 Lightning yang akan datang dan Mustang Mach-E listrik pertama akan menghadirkan asisten digital Alexa dari Amazon.

Dikutip dari Mashable, Minggu, Ford pada hari Kamis (13/5) mengumumkan bahwa asisten digital Alexa akan dibangun menjadi bagian dari mobil Ford di masa depan. Ini akan tersedia di semua mobil, tidak hanya yang memiliki paket premium. Tiga tahun pertama sistem suara akan disediakan secara gratis.

Pada akhir tahun ini, perusahaan mengharapkan Alexa tersedia di setidaknya 700 ribu mobil di Amerika Serikat dan Kanada, sebelum nantinya jutaan kendaraan Ford juga akan datang dengan Alexa sebagai fitur standar di mobil.

Baca juga: Ford dan BMW kucurkan Rp1,8 triliun untuk baterai EV

Baca juga: Ford Transit listrik akan diproduksi di Turki


Dengan Alexa dimasukkan ke layar infotainment Ford, pengguna akan dapat mengakses fitur Amazon dan Alexa dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di rumah dengan produk seperti Echo Dot. Pengguna tidak perlu menekan tombol untuk mengaktifkan Alexa. Sebaliknya, pengguna cukup mengucapkan kata, "Alexa", lalu meminta bantuan.

Seperti dilansir Mashable, pengguna dapat menggunakannya untuk membantu tugas-tugas di dalam dan di luar mobil. Pengguna dapat menggunakan Alexa untuk memutar musik untuk berkendara atau mencari stasiun pengisian daya terdekat. Melalui asisten suara, pengguna juga dapat menyusun daftar belanjaan atau bahkan menyalakan lampu pintar (smart light) di garasi rumah.

Saat pengguna keluar dari mobil, dia dapat menggunakan Alexa di ponsel pintar untuk mencari informasi tentang mobil, termasuk berapa banyak daya baterai yang tersisa, atau bahkan memulainya dari jarak jauh sehingga memanas sebelum dibuat pergi jalan-jalan.

Lebih lanjut, Ford juga akan mengaktifkan pembaruan over-the-air (OTA) untuk menambahkan fitur baru ke mobil melalui program "Ford Power-Up". Sebanyak 100 ribu mobil siap menerima pembaruan awal tahun ini, termasuk Mustang EV dan truk F-150 2021.

Nantinya, lebih banyak pelanggan, termasuk mereka yang memiliki F-150 Lightning yang akan datang dan Bronco, juga akan memiliki akses ke pembaruan nirkabel. Ford berharap dapat memproduksi 33 juta kendaraan dengan pembaruan "Power-Up" pada tahun 2028.

Sistem bantuan mengemudi hands-free Ford akan menjadi salah satu pembaruan di masa depan akhir tahun ini bagi mereka yang berlangganan. Fitur baru lainnya yang akan diunduh ke dalam mobil adalah "Sketch", yang mengubah layar sentuh tengah menjadi notepad untuk gambar cepat, catatan, permainan, dan perhitungan.

Baca juga: Truk pikap listrik pertama Ford akan dinamai F-150 Lightning

Baca juga: Ford tarik lebih 600.000 Explorer

Baca juga: Ford akan produksi kendaraan komersial ringan di Rumania
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021