Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (10/5) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. PPP: jangan berpikir jalin hubungan diplomatik dengan Israel

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani meminta seluruh elemen pemerintahan tidak ada lagi yang berpikir tentang menjalin hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel.

"Langkah tegas tersebut harus dilakukan meskipun hubungan diplomatik bisa jadi memberikan manfaat ekonomisnya bagi Indonesia," kata Arsul di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakan Arsul menyikapi tindak kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina, khsususnya umat Islam yang sedang beribadah di Masjid Al-Aqsa.

Selengkapnya baca disini

2. Presiden tegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa rakyat Palestina

Presiden RI Joko Widodo menegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Penegasan itu disampaikan Presiden Jokowi melalui akun Twitter @jokowi yang dikutip, di Jakarta, Senin.

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan. Indonesia mengutuk tindakan tersebut," ujar Presiden Jokowi.

Selengkapnya baca disini

3. Ketum Muhammadiyah dorong para elit memulai gerakan keteladanan

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mendorong para elit atau pimpinan di tingkat pusat hingga daerah memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk memulai gerakan kolektif keteladanan dalam berbangsa dan bernegara.

"Kalau elit negeri, elit bangsa tidak memberikan suasana keteladanan yang baik maka masyarakat juga tidak berperilaku serba baik atau bahkan mengikuti elitnya," kata Haedar secara virtual saat konferensi pers di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yogyakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. Ustadz Tengku Zulkarnain wafat di Pekanbaru karena COVID-19

Ustadz Tengku Zulkarnain meninggal dunia saat dalam perawatan COVID-19 di RS Tabrani di Kota Pekanbaru pada Senin petang.

Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar, membenarkan bahwa ustadz Zulkarnain meninggal dunia karena terpapar Virus SARS-CoV-2. "Benar, ustadz (Zulkarnain) sudah meninggal dunia. Baru saja satu menit setelah selesai adzan maghrib," ujar Ian Machyar kepada wartawan di Pekanbaru, Riau.

Selengkapnya baca disini

5. Mileanies mendorong Anies Baswedan maju Capres 2024

Komunitas Mileanies yang dibentuk di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan dukungan mendorong Anies Baswedan untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden 2024 nanti.

"Kami melihat Anies adalah seorang tokoh layak didorong. Sudah banyak kelihatan hasil kerjanya. Solusinya tentu pada 2024 nanti, sejauh ini kami tidak melihat figur lain yang dianggap bisa membawa Indonesia lebih baik," ujar Inisiator Mileanies Muhammad Ramli Rahim saat konferensi pers, di Makassar, Senin malam.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021