Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan tiga mutasi baru virus COVID-19 terkonsentrasi di sejumlah daerah di Sumatera Selatan dan pulau Kalimantan.

"Tiga virus yang masuk kategori 'variant of concern' atau virus-virus yang relatif berbahaya versinya WHO yaitu varian dari London atau B117, varian dari Afrika Selatan atau B1351 dan varian dari India B1617 agak terkonsentrasi cukup besar di daerah Sumatera Selatan dan Kalimantan," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta,
Senin.

Baca juga: Tiga mutasi virus COVID-19 banyak ditemukan di Sumsel dan Kalimantan

Baca juga: Kementerian Kesehatan persingkat alur vaksinasi COVID-19

Untuk varian B117 diketahui lebih mudah menyebar dan orang yang terinfeksi varian baru ini memiliki risiko kematian yang lebih tinggi; selanjutnya varian B1617 adalah varian yang lebih mudah menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah atau menghindari kekebalan vaksin; sedangkan varian B1351 juga punya kemampuan penularan lebih cepat dan dapat mempengaruhi netralisasi beberapa antibodi, namun belum terdeteksi apakah jenis tersebut mampu meningkatkan risiko keparahan penyakit.

"Masuknya virus-virus baru ini, banyak datangnya dari Saudi Arabia, Afrika dan juga dari India dan Malaysia," tambah Budi Gunadi.

Menurut Budi Gunadi, varian B117 sudah mulai masuk pada Januari 2021.

"Dan sudah beredar di daerah Jawa, Sumatera dan juga Kalimantan, ada juga di Bali sedangkan varian dari Afrika Selatan hanya kita temui 1 (pasien) di Bali dan akhir-akhir ini cukup banyak masuk ke Indonesia adalah varian dari India yang banyak kita temui di Sumatera Selatan dan di Kalimantan Tengah," tambah Budi Gunadi.

Baca juga: Pemerintah targetkan 1 juta vaksinasi pada Juni 2021

Untuk menghadapi varian virus baru tersebut, Budi Gunadi meminta agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan dengan disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu didukung dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah diberlakukan di 30 provinsi dan diperpanjang pada 18-31 Mei 2021.

"Kami dari Kementerian Kesehatan akan melakukan 'gnome sequencing' secara lebih rapat di daerah-daerah yang sudah kita lihat ada mutasi baru untuk bisa dengan segera monitor pola penyebarannya sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah isolasi atau langkah-langkah karantina yang tepat agar virus mutasi baru ini tidak cepat menyebar ke daerah-daerah lain," ungkap Budi.

Baca juga: Indonesia bakal dapat tambahan 10 juta dosis Sinovac pada April

 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021