Kami menerapkan semua pemudik wajib memakai masker dan menjaga jarak guna mengendalikan pandemi itu
Merak (ANTARA) - Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoperasikan 29 kapal "roll on-roll off" atau ro-ro sepanjang Selasa untuk melayani pemudik Lebaran 2021.

"Semua kapal yang beroperasi itu dalam kondisi laik," kata Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Heru Wahyono di Merak, Rabu.

Selama ini, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan normal, terlebih tidak terjadi penumpukan pemudik dibandingkan dengna dua tahun lalu.

Pemudik pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung tanpa terjadi kemacetan.

Pemerintah pusat akan menutup penyeberangan untuk pemudik guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

Baca juga: Kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak mulai berdatangan

Diprediksikan kepadatan penumpang terjadi malam hingga dini hari hari, karena sudah menjadikan tradisi para pemudik.

ASDP Merak mengoperasikan kapal ro-ro sebanyak 29 armada dengan 52 trip dan semua pemudik bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kami menerapkan semua pemudik wajib memakai masker dan menjaga jarak guna mengendalikan pandemi itu," katanya.

Sejumlah penumpang mengaku bahwa mereka merasa lega setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa segera diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung tanpa terjadi antrean panjang.

"Kami tidak lama menunggu di dermaga Merak dan langsung bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera," kata Purwoto yang melakukan perjalanan dengan tujuan Lampung.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang dan Tangerang-Merak bakal terintegrasi
Baca juga: Kakorlantas ingatkan tidak ada penjualan tiket di Pelabuhan Merak

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021