Sepekan, tambahan dosis vaksin hingga Istiqlal tidak gelar itikaf

Sepekan, tambahan dosis vaksin hingga Istiqlal tidak gelar itikaf

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (16/4/2021). Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan Masjid Istiqlal yang mulai kembali digunakan untuk ibadah selama bulan Ramadhan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora mendapat perhatian dalam sepekan terakhir yang masih menarik disimak pada Minggu, mulai dari Indonesia dapat tambahan dosis vaksin COVID-19 hingga Masjid Istiqlal tidak mennggelar ibadah itikaf pada Ramadhan 1442 H ini.

Berikut rangkuman berita humaniora selama sepekan:

- Menkes: Indonesia dapat tambahan dosis vaksin COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia mendapat tambahan dosis vaksin COVID-19 merek Sinovac dan AstraZeneca.

"Di bulan ini kita mendapatkan tambahan vaksin dari Sinovac dan terima kasih Bu Menlu sudah merenegosiasi juga dengan GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization) sehingga kita juga mendapatkan tambahan vaksin dari GAVI," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta, Senin (26/4).

- Satgas minta penutupan sementara kantor yang terpapar COVID-19

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta adanya penutupan sementara kantor-kantor yang pegawainya diketahui terpapar COVID-19.

"Kemunculan beberapa kasus positif di perkantoran mohon ditingaklanjuti dengan penutupan sementara operasional kantor, diisinfeksi serta testing dan 'tracing' terhadap kontak erat agar meminimilisasi penularan," kata Wiku dalam konferensi pers virtual di Graha BNBP Jakarta, Selasa (27/4).

- Dosen UI temukan bukti kapal nusantara mampu jelajahi dunia

Dosen Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) Ali Akbar memaparkan hasil penelitian terkait penemuan perahu kuno di desa Lambur, Jabung Timur, Provinsi Jambi sebagai bukti kapal nusantara mampu menjelajahi dunia sebelum kedatangan bangsa Eropa.

"Penemuan kapal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah mampu membuat kapal besar yang mampu menjelajah sangat jauh di lautan lepas, bahkan sebelum kedatangan bangsa Eropa," kata Ali Akbar dalam keterangannya, Rabu (28/4).

- Lailatul Qadar dan wanita yang haid

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya lailatul qadar. Kaum Muslimin sangat berharap bisa memperolehnya karena diimani sebagai malam lebih baik dari seribu bulan.

Siapapun kaum Muslimin yang memperoleh lailataul qadar maka amalan kebajikan yang dilakukannya pada malam itu nilainya melebihi kebajikan selama selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadar-nya.

- Masjid Istiqlal tidak akan gelar kegiatan itikaf

Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, menyatakan tidak akan menggelar kegiatan itikaf pada Ramadhan kali ini akibat pandemi COVID-19 di Indonesia yang penularannya masih belum mereda.

"Istiqlal tidak menyelenggarakan itikaf," ujar Juru Bicara Masjid Istiqlal Nur Khayin saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (1/5).

Baca juga: Menjaga diplomasi untuk jamin stok dan kejar target vaksinasi COVID-19

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021