Jayapura (ANTARA) - Manajemen PT Telkomsel tengah mempersiapkan infrastruktur jaringan guna mendukung kenyamanan dan kehandalan jaringan saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua yang berlangsung 2-15 Oktober 2021.

Pelaksanaan kejuaraan olahraga tingkat nasional terbesar di Indonesia tersebut sedianya akan digelar di beberapa lokasi, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Sentani, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Diperkirakan lebih dari 53 ribu atlet dan ofisial akan hadir menyemarakkan perhelatan akbar ini.

General Manager Network Operation & Quality Management Telkomsel Maluku & Papua Adi Wibowo menyatakan Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan layanan broadband berkualitas dan melakukan pengamanan jaringan selama pelaksanaan PON XX 2021 Papua.

Baca juga: Penyelenggaraan PON peluang tingkatkan kesejahteraan masyarakat Papua

"Berbagai persiapan dan penambahan kapasitas jaringan saat ini sudah berjalan sesuai rencana. Kami menyiapkan beberapa strategi dan alternatif untuk mengakomodir lonjakan trafik komunikasi, seperti ketika  dihadiri penuh oleh penonton ataupun jumlah penonton yang dibatasi. Dengan menggunakan teknologi terdepan, Telkomsel hadir memberikan kenyamanan bagi para penonton maupun atlet untuk akses komunikasi yang lancar,"harapnya.

Ia mengakui, ajang PON XX 2021 Papua merupakan pesta olahraga tingkat nasional terbesar di Indonesia yang diadakan pertama kali di Provinsi Papua.

Berbekal dengan adanya pengalaman saat melakukan optimalisasi jaringan di Asian Games 2018 lalu, lanjutnya, Telkomsel berusaha menyediakan layanan berkualitas seperti akses layanan data berkecepatan tinggi untuk video streaming hingga menjamin kenyamanan pelanggan saat berselancar di media sosial, telepon, dan SMS.

Baca juga: PB PON Papua gandeng lembaga Internasional untuk tes doping atlet
Baca juga: KONI gandeng Garuda Indonesia untuk penerbangan kontingen PON Papua

Diakui, untuk mengatasi adanya lonjakan trafik dan kebutuhan komunikasi selama PON XX 2021 Papua berlangsung, Telkomsel melakukan penambahan sebanyak 66 Base Transceiver Station (BTS) dan satu site indoor yang dikhususkan untuk mengoptimalkan jaringan di Stadion Lukas Enembe.

Selain itu, sebanyak 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) turut disiagakan. Beberapa lokasi yang dijadikan prioritas jaringan di antaranya bandara, media centre, PB PON, hotel, 47 main venue, jalan protokol, dan lokasi wisata.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku & Papua Alfon Oktrianda menyebut, selain persiapan di sisi infrastruktur jaringan, Telkomsel juga tengah mempersiapkan berbagai titik penjualan untuk memudahkan kebutuhan komunikasi para atlet, ofisial, jurnalis, maupun penonton yang hadir, seperti pulsa, paket internet, hingga berbagai layanan digital Telkomsel.

Baca juga: Pemprov Papua dorong produk hukum baru dukung pelaksanaan PON XX

Sebanyak 12 Mobile GraPARI (MoGi), 15 posko yang berlokasi di arena pertandingan, 9 open temporary outlet, dan 57 tim direct sales akan disiagakan selama pelaksanaan PON XX 2021 Papua.”

Adi mengatakan, Telkomsel siap mempercepat kesiapan infrasturktur jaringan untuk menghadirkan kenyamanan pelanggan terutama di titik-titik vital arena pertandingan hingga lokasi keramaian.

"Sejauh ini semua kesiapan yang kami lakukan sesuai dengan target yang telah direncanakan. Bagi Telkomsel, dukungan dalam PON XX 2021 Papua diharapkan dapat memberikan pengalaman komunikasi yang berkualitas dan handal bagi pelanggan dengan produk dan kualitas jaringan terbaik,” ungkap Adi.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021