KBRI London optimalkan layanan di masa pandemi dengan jemput bola

KBRI London optimalkan layanan di masa pandemi dengan jemput bola

Suasana pelayanan untuk WNI di Cardiff, Wales, Sabtu (24/4/2021). Layanan ini disebut Jemput Bola Kedutaan Besar Indonesia di London. ANTARA/Munawir Aziz.

London (ANTARA) - Kedutaan Besar Indonesia untuk Inggris Raya menyelenggarakan pelayanan jemput bola di Cardiff bagi WNI yang tinggal di wilayah Wales dan sekitarnya pada Sabtu (24/04), untuk memaksimalkan layanan keimigrasian dan kekonsuleran bagi warga Indonesia di Inggris Raya.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya Desra Percaya, program jemput bola itu bukti nyata dan komitmen Kedutaan Besar Indonesia di London untuk mempermudah perpanjangan paspor bagi WNI yang selama ini terkendala melakukan perjalanan ke London akibat pandemi. Pelayanan diberikan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan Covis-19 yang ketat sesuai peraturan pemerintah setempat.

Baca juga: Dubes RI untuk Inggris ajak masyarakat terapkan ekonomi sirkular

“Semoga layanan jemput bola ini dapat membantu Ibu Bapak untuk pembuatan dan perpanjangan paspor serta konsultasi masalah keimigrasian lainnya. Saya akan mengerahkan segala kemampuan agar KBRI London tetap hadir melayani kebutuhan masyarakat Indonesia di Inggris, walaupun di tengah keterbatasan akibat pandemi,” kata dia, saat menyapa masyarakat Indonesia di Cardiff, Wales.

Ia juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan para pelajar dan perwakilan masyarakat Indonesia yang hadir untuk menampung saran dan masukan bagi peningkatan pelayanan Kedutaan Besar Indonesia di London.

Program jemput bola kali ini diselenggarakan di Clayton Hotel, Cardiff, pada 23 – 24 April 2021. Pada agenda jemput bola di Cardiff, sebanyak 40 WNI telah mendapatkan pelayanan terkait perpanjangan paspor dan masalah keimigrasian.
 
Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya, Desra Percaya (enam kiri), berdiskusi bersama para pelajar dan warga Indonesia di Wales, dalam program Jemput Bola Kedutan Besar Indonesia di London, di Cardiff, Sabtu (24/04/2021). ANTARA/Munawir Aziz


“Program jemput bola sangat membantu kami yang berada di luar London dalam pengurusan paspor. Selama ini, kami sulit untuk bepergian ke London karena adanya pembatasan yang ketat oleh pemerintah akibat pandemi dan prosesnya sangat cepat dan efisien,” kata Ayu, warga Indonesia yang bermukim di Wales selama lebih dari 10 tahun.

Sementara itu, Nabil, pelajar Indonesia di Cardiff mengungkapkan betapa penting pertemuan dengan Percaya dan stafnya, untuk saling sapa dan menyampaikan aspirasi.

“Kami berharap agar pertemuan Pak Dubes dengan masyarakat dan pelajar dapat dilakukan secara rutin, karena melalui diskusi langsung dengan Pak Dubes merupakan forum yang baik bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan KBRI London dalam rangka promosi Indonesia di Wales,” kata Nabil.

Baca juga: Dubes RI dorong diaspora dukung promosi Indonesia di Inggris, Irlandia

Pada masa pandemi satu tahun terakhir, Kedutaan Besar Indonesia di London telah melakukan beberapa tahapan layanan jemput bola. Di antaranya di York, Edinburgh pada April 2020, Edinburgh, Belfast pada September 2020, Bath, Edinburgh, Oxford pada Desember 2020), dan kemudian di Dublin, Edinburgh, Cardiff pada April 2021.

Dalam program layanan jemput bola ini, Kedutaan Besar Indonesia di London terus berupaya meningkatkan pelayanan dan membantu WNI yang berada di Inggris dan Irlandia, khususnya selama masa pandemi. Pelayanan ini dimaksudkan untuk mempermudah WNI dalam menjangkau layanan Kedutaan Besar Indonesia di London di tengah-tengah tantangan perjalanan akibat pandemi Covid-19.
 
Pewarta : Munawir Aziz
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021