Satgas: Enam kasus baru COVID-19 muncul di Natuna

Satgas: Enam kasus baru COVID-19 muncul di Natuna

Polda Kepri melaksanakan vaksinasi untuk mencegah penularan COVID-19 (Ist.)

Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat enam pasien baru COVID-19 di Kabupaten Natuna setelah daerah tersebut nol kasus aktif selama sekitar sepekan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan di Natuna pada Maret hingga awal April 2021, nol kasus aktif COVID-19. Pekan lalu terungkap seorang pasien COVID-19, kemudian meninggal dunia.

Enam kasus baru COVID-19 di Natuna terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki. Mereka tinggal di Desa Cemaga Tengah, Batu Hitam, dan Sepempang.

Lima orang pasien tidak memiliki gejala, sedangkan satu pasien lainnya bergejala ringan. Seluruh pasien menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: 558 anggota TNI/Polri di Natuna disuntik vaksin COVID-19 AstraZeneca

Baca juga: Menolak pasrah di tengah wabah COVID-19 (bagian III)


"Tiga pasien berusia 12 tahun, satu pasien berusia enam tahun, satu pasien lainnya berusia 14 tahun, dan satu lagi berusia 54 tahun," kata Said yang juga Sekda Kepri.

Ia mengemukakan total jumlah pasien COVID-19 di Natuna sebanyak 99 orang, yang terdiri dari 90 orang dinyatakan sembuh, dan tiga orang meninggal dunia. Di Natuna jumlah kasus aktif tinggal enam orang.

Sejak pekan lalu Natuna ditetapkan sebagai zona kuning setelah sebelumnya bertahan selama sekitar sebulan sebagai zona hijau.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kepulauan Anambas dan Lingga sejak muncul satu kasus baru. Anambas dan Lingga juga berstatus sebagai zona kuning setelah hampir dua bulan bertahan sebagai Zona Hijau.

Total jumlah pasien COVID-19 di Anambas mencapai 104 orang, sebanyak 102 orang di antaranya sembuh, dan satu orang meninggal dunia. Saat ini tinggal satu kasus aktif.

Sementara total jumlah pasien COVID-19 di Lingga mencapai 56 orang, sebanyak 52 orang sembuh, dan tiga orang meninggal dunia. Jumlah kasus aktif tinggal satu orang.

Sedangkan jumlah kasus aktif di Karimun tinggal 18 orang, Bintan 27 orang, Tanjungpinang 182 orang dan Batam 253 orang.*

Baca juga: Satgas: Natuna dan Anambas nol kasus aktif COVID-19

Baca juga: Satgas COVID-19 Kepri sebut tidak ada lagi kasus aktif di Natuna
Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021