Bogor (ANTARA) - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Ranking (WUR) menempatkan IPB sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang pertanian dan kehutanan di kawasan Asia Tenggara berdasarkan bidang keilmuan pada 2021.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, melalui pernyataan tertulisnya, di Bogor, Kamis, mengatakan, QS World University Ranking mengumumkan kembali pemeringkatan perguruan tinggi pada 2021, dalam 51 bidang keilmuan atau "subject" yang dievaluasi ke dalam empat indikator, yaitu academic reputation, employer reputation, citation, dan h-index.

Menurut Arif Satria, pada pemeringkatan tersebut, IPB University ditempatkan sebagai perguruan tinggi peringkat ke-62 dunia di bidang pertanian dan kehutanan, sekaligus sebagai peringkat terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Posisi IPB University, kata dia, masih lebih tinggi dibandingkan perguruan tinggi di Asia Tenggara yakni Kasetsart University (63), Nanyang Technological Singapore (71), dan University Putra Malaysia (80).

Arif Satria menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh warga institusi yang dipimpinnya atas capaian prestasi tersebut yang dinilai sebagai prestasi luar biasa.

"Saya berharap kita semua terus meningkatkan prestasi dan reputasi, sehingga peringkat IPB semakin meningkat. Growth mindset kita perkuat agar terus optimis untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," katanya.

Secara keseluruhan total nilai IPB University di bidang pertanian dan kehutanan, tahun 2021 ini adalah 71,3 yakni lebih tinggi dari tahun lalu yakni 70,8).

Kenaikan nilai total ini, dinilai karena adanya peningkatan secara signifikan pada "score employer reputation" dari 81,3 menjadi 86,1 serta "score citation" dari 62,5 menjadi 72,0. "Hasil penilaian ini memperlihatkan kinerja akademik dan lulusan IPB University dinilai sangat baik," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni, Dodik R Nurrochmat, mengatakan, QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama berbagai perguruan tinggi di dunia, termasuk Indonesia.

"Pada tahun ini, dari sekitar 5.500 perguruan tinggi, ada sekitar 1.000 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar pemeringkatan, di antaranya delapan perguruan tinggi negeri (PTN) dari Indonesia, " jelasnya.

Menurut dia, IPB University pada tahun ini mencatatkan satu bidang keilmuan lagi yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu ekomomi & ekonometrika, sehingga menjadi empat bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan yakni pertanian dan kehutanan, biologi, ilmu lingkungan, serta ekonomi dan ekonometrika.

IPB University juga berada pada peringkat ke-601-620 dalam bidang llmu biologi, serta peringkat 351-400 dalam bidang ilmu lingkungan, dari sekitar 1.000 perguruan tinggi di dunia yang masuk dalam daftar pemeringkatan.***3***

(T.R024)
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021