Saya menyampaikan Karang Taruna untuk menjadi motor terutama menghadapi pandemi ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengharapkan Karang Taruna menjadi motor penggerak dalam menghadapi pandemi COVID-19 maupun bencana alam di Indonesia.

“Saya menyampaikan Karang Taruna untuk menjadi motor terutama menghadapi pandemi ini sambil melakukan kerja-kerja sosial yang mungkin bisa digerakkan, misalkan bencana,” ujar Risma di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI Jakarta, Selasa.

Risma melihat pergerakan Karang Taruna di beberapa kabupaten di Indonesia yang menghadapi bencana, telah aktif membantu dan bergerak bersama dengan anggota Tagana (Taruna Siaga Bencana).

Baca juga: PNKT: Gibran ditetapkan jadi Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna

Kemudian di beberapa daerah lainnya, anggota Karang Taruna juga dinilai berinisiatif membantu didirikannya dapur umum untuk korban terdampak musibah.

“Karena itu saya pikir ini bisa juga daerah-daerah lain yang Karang Tarunanya belum aktif, jadi bisa diaktifkan sehingga penangannya akan lebih maksimal,” ujar Risma.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto melantik Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna masa Bhakti 2020-2025.

Baca juga: Kemensos kirim bantuan bencana ke Probolinggo lewat Pemkot Surabaya

Kepengurusan tersebut terbentuk dari hasil Temu Karya Nasional Karang Taruna VIII Tahun 2020.

Terpilih sebagai Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Gibran Rakabuming.

Risma mengatakan pelantikan dilakukan pada tahun 2021, sebab terdapat adanya pergantian jabatan dengan menteri sebelumnya.

Baca juga: Kemensos segera bangun rusunawa bagi pemulung di Jakarta dan Bekasi
Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Gibran Rakabuming memberi sambutan di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI Jakarta, Selasa (2/3/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021