UI beri penghargaan atas kontribusi cegah dan tangani COVID-19

UI beri penghargaan atas kontribusi cegah dan tangani COVID-19

UI beri penghargaan atas kontribusi cegah dan tangani COVID-19. ANTARA/Humas UI.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) sebagai apresiasi berupa penghargaan kepada para sivitas akademika yang berkontribusi pada pencegahan dan penanganan selama masa pandemi COVID-19.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Rabu mengatakan perayaan Dies Natalis UI dapat menumbuhkan semangat kebersamaan, kesatuan hati, dan kebanggaan sivitas akademika sebagai bagian dari warga UI.

"Perayaan juga merupakan sebuah bentuk rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika yang telah membuat UI tetap kokoh berdiri sampat saat ini," ujarnya.

Ada berbagai kategori lomba yang digelar secara virtual dalam menyemarakkan perayaan Dies Natalis tahun ini, yaitu lomba jalan sehat virtual, lomba video iklan layanan masyarakat, lomba vocal group, lomba cipta lagu, dan kompetisi penulisan/peliputan tentang UI di media massa dengan batas akhir pengumpulan karya hingga tanggal 28 Februari 2021.

Selain perlombaan, UI juga memberikan penghargaan kepada dosen pegiat e-learning dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) serta kepada sivitas akademika yang berkontribusi pada penanggulangan wabah COVID-19.

Penghargaan penanggulangan wabah COVID-19 dibagi menjadi tiga kategori, yaitu warga UI yang memberikan kontribusi bagi upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi (kategori 1) yang diwakili oleh Dr. Yordan Khaedir, Ph.D (dosen Fakultas Kedokteran).

Selanjutnya, pemberian penghargaan secara simbolis untuk kategori 2 yaitu pencerdasan dan edukasi diwakili oleh Andrew Prasettya Japri, S. Gz. (alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat). Andrew dan tim berkontribusi melakukan gerakan sosial berbasis riset bernama ‘Bantu Keluarga’ yaitu memberikan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Pada kategori inovasi (kategori 3) diwakili oleh Ardiansyah, S.Si (Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang mengembangkan portal SiCovid yaitu menginformasikan persebaran lokasi pasien positif terinfeksi Covid-19, Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Penghargaan yang diberikan sebagai ujud apresiasi ini diberikan kepada kurang lebih 280 sivitas akademika yang dianggap berkarya dan berinovasi dalam memberikan solusi bagi upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Dalam kategori lomba cipta lagu, Adri Fachrisyah Maulana (mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2020) menjadi pemenang dan lagu ciptaannya “Semangat Baru UI” menjadi lagu tema Dies Natalis UI ke-71. Pada kategori lomba vocal group, tim KVARTET ILUNI berhasil terpilih sebagai juara pertama, sedangkan video dari kelompok Klinik Satelit UI menjadi juara pertama dalam lomba video iklan layanan masyarakat.

Selain berbagai lomba dan penghargaan, kegiatan Dies Natalis kali ini juga diisi oleh acara talkshow dengan narasumber Dian Sastrowardoyo (artis) yang menceritakan suka duka dan pengalamannya selama berkuliah di UI, baik sebagai mahasiswa jenjang sarjana maupun magister.

 
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021