4.080 vial vaksin COVID-19 tiba di Indragiri Hulu

4.080 vial vaksin COVID-19 tiba di Indragiri Hulu

Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigadir Jenderal TNI M. Syech Ismed (tengah) menjalani vaksinasi di RSUD Arifin Achmad sebagai orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (14/1/2021). ANTARA/FB Anggoro.

Indragiri Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menerima 4.080 vial vaksin COVID-19 yang akan diperuntukkan untuk 2.040 orang dan vaksin tersebut diserahterimakan di Dinas Kesehatan setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu Hendrizal di Rengat, Rabu, mengatakan ribuan vial vaksin yang tiba pada Selasa (26/1) itu telah dibawa ke gudang penyimpanan khusus sebelum didistribusikan ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit dengan penjagaan dari pihak Kepolisian agar kondisi aman.

Dia mengatakan vaksin itu akan disuntikkan kepada anggota forkopinda dan tenaga kesehatan untuk mencegah COVID-19 dan menjadi ketahanan tubuh.

Tokoh forkopinda tersebut akan divaksin pertama agar menjadi contoh kepada masyarakat bahwa vaksin tersebut aman untuk manusia.

Baca juga: Riau sudah terima 69.480 dosis vaksin COVID-19

Baca juga: 385 nakes dan tokoh di Riau sudah divaksin COVID-19


Sementara para tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam menanggulangi COVID-19 sehingga diprioritaskan mendapat vaksinasi terlebih dahulu.

"Kita perlu mensyukuri, ke depan pandemi COVID-19 diharapkan menurun di Inhu karena setakat ini, sesuai dengan data yang dikumpulkan, terkonfirmasi COVID-19 masih tinggi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Elis Julinarti menyebutkan, penerima vaksin tahap pertama ini adalah 10 orang dari unsur Forkopimda seperti Bupati Inhu Yopi Arianto dan Wakil Bupati Khairizal, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD dan unsur lainnya.

Selanjutnya, untuk seluruh tenaga kesehatan di 20 Puskesmas, dua rumah sakit swasta dan satu rumah sakit milik pemerintah.

"Sehingga, jumlah vaksin yang masuk sesuai dengan peruntukan tahap pertama," sebutnya.

Sedangkan, untuk proses penyuntikannya, untuk tenaga medis dilakukan di rumah sakit, sedangkan tenaga medis di Puskesmas masing-masing.

Sebelumnya proses distribusi vaksin dari Pekanbaru menuju Indragiri Hulu dengan pengawalan Brimob Polda Riau. Dan selama berada di Kabupaten Indragiri Hulu akan ada petugas yang menjaga secara bergantian sehingga kondisi barang tetap aman.

"Serah terima vaksin berjalan lancar, disaksikan forkopinda dan gugus satuan tugas," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal.*

Baca juga: Riau siapkan 790 vaksinator untuk sukseskan vaksinasi COVID-19

Baca juga: Riau kembali dapat kiriman 22.840 dosis vaksin COVID-19
Pewarta : Asripilyadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021