Pembersihan puing-puing ini untuk membantu masyarakat agar tidak menggangu psikologi mereka.
Mamuju (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memerintahkan Pangdam XIV/Hasanuddin dan Danrem 142/Tatag segera membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 6,2 di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Saya minta Pangdam dan Danrem agar segera membersihkan puing-puing gedung yang ambruk. Saya lihat tadi, masih ada puing-puing yang sampai ke jalan. Mohon Pangdam dan Danrem segera bantu untuk dibersihkan," kata Jenderal Hadi Tjahjanto di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan puing-puing bangunan yang ambruk tersebut dapat menggangu psikologi masyarakat yang menjadi korban.

Baca juga: Panglima TNI minta distribusi logistik korban gempa dikawal ketat

"Pembersihan puing-puing ini untuk membantu masyarakat agar tidak menggangu psikologi mereka. Jadi, begitu melihat puing-puing bangunan yang belum dibersihkan mereka akan takut. Jadi saya minta agar segera dibersihkan," tutur Hadi.

Ia meminta Pandam dan Danrem segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemilik alat berat dan masyarakat untuk membantu proses pembersihan reruntuhan gedung.

"Saya juga lihat tadi ada bangunan minimarket yang roboh. Segera koordinasikan dengan pihak owner dan jika asuransinya sudah selasai maka segela lakukan pembersihan reruntuhan," tegasnya.

Baca juga: Panglima TNI kerahkan KRI Soeharso bantu korban gempa di Mamuju

Panglima TNI berharap kondisi Mamuju segera pulih dan perekonomian masyarakat dapat berjalan kembali dengan normal.

"Kita berharap, Kota Mamuju segera bersih, dari akibat bencana dan masyarakat bisa beraktivitas kembali, pelayanan kesehatan juga terus ditingkatkan," kata Panglima.

"Mudah-mudahan dengan waktu tidak terlalu lama kita bisa menyelesaikan permasalahan di Mamuju dengan baik dan aktivitas perekonomian bisa segera berjalan normal," tambahnya.

Sementara dari pantauan hingga Sabtu sore, sejumlah bangunan yang ambruk masih belum dibersihkan. Sebuah tempat penjualan telepon genggam dan rumah warga yang ambruk di kawasan Jalan KS Tubun juga belum dibersihkan.

Begitupun dengan bangunan sarang walet di kawasan Simboro yang ambruk pada Jumat sore, reruntuhan bangunan terlihat menutupi sebagian badan jalan.

Baca juga: Telkomsel pulihkan jaringan telekomunikasi di Majene dan Mamuju

Pewarta: Amirullah
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021