Sebelumnya kami telah memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi hari Minggu ini (3/1)...
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (3/1) kemarin, mulai dari puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 hingga Menperin optimistis ekonomi tumbuh 5,5 persen tahun ini.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Kemenhub pantau puncak arus balik libur Natal hari ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus memantau pergerakan arus kendaraan maupun penumpang untuk mengantisipasi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru yang diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (3/1).

“Sebelumnya kami telah memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi hari Minggu ini (3/1), karena hari Senin besok (4/1) sebagian besar masyarakat sudah mulai kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Kami telah mengimbau masyarakat agar pulang lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang atau kepadatan arus kendaraan, yang dapat berpotensi menimbulkan kerumunan,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini
 

2. Ganjar dan sejumlah menteri tinjau Bandara Ngloram

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah menteri meninjau pengembangan Bandara Ngloram, Kabupaten Blora, Minggu, dengan menaiki pesawat terbang jenis Hawker 900 XP.

Bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ganjar melihat langsung progres pembangunan Bandara Ngloram.

Baca selengkapnya di sini
 

3. Toyota masih pimpin pasar, kuasai 31,9 persen penjualan mobil nasional

Toyota Indonesia optimis masih memimpin pasar mobil di Tanah Air meskipun terdampak pandemi COVID-19, dengan pangsa pasar 31,9 persen dari total penjualan mobil secara nasional pada 2020.

"Angka persisnya belum ada, karena masih dihitung, tapi kami perkirakan market share (Toyota) capai 31,9 persen dari total pasar mobil nasional yang diperkirakan sekitar 560 ribu unit," kata Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor ( TAM) Henry Tanoto kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini



4. Harga Dogecoin naik lebih dari 500 persen dalam setahun

Harga aset kripto Dogecoin (DOGE) meningkat drastis dalam kurun waktu setahun terakhir yakni mencapai lebih dari 500 persen apabila dihitung secara tahunan atau year on year (yoy).

CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Minggu mengatakan harga DOGE pada Januari 2020 masih Rp28 per koin dan saat ini melambung menjadi Rp194 per koin.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Menperin optimistis ekonomi tumbuh 5,5 persen tahun ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 akan menyentuh 5,5 persen, seiring implementasi strategi dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

“Dengan berbagai kombinasi kebijakan dan peluang yang kita manfaatkan secara optimal, ekonomi Indonesia diharapkan dapat tumbuh di sekitar atau kisaran 4,5 hingga 5,5 persen pada 2021," kata Menperin Agus di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021