Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada libur akhir tahun 2020 dan awal 2021 mengecek kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali terkait penerapan protokol kesehatan maupun kesiapan sarana, prasarana dan pelayanan.

"Momen akhir tahun Natal dan Tahun Baru ini kemungkinan akan dimanfaatkan saudara-saudara kita untuk berlibur, salah satunya ke Pulau Bali. Oleh karena itu saya mau memastikan pelayanan di bandara ini telah sesuai dengan standar protokol kesehatan, ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19," kata Menhub saat meninjau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Meskipun Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi jumlah hari cuti bersama, namun Menhub tegas meminta jajarannya untuk tetap waspada mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Baca juga: Menhub: Transportasi merekatkan wilayah NKRI hingga ke daerah terluar

"Tidak hanya di Bandara saja, saya meminta jajaran Kemenhub di Bali untuk fokus memastikan protokol kesehatan juga benar-benar dilaksanakan dengan tegas dan konsisten di terminal bus, pelabuhan laut, dan penyeberangan juga harus dimonitor terus," tegasnya.

Menhub menginginkan momen akhir tahun ini jangan sampai memicu peningkatan jumlah orang yang terpapar COVID-19. Ia juga meminta seluruh pemangku kepentingan penerbangan bisa menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah mulai percaya diri untuk menggunakan pesawat di masa pandemi.

"Jangan sampai upaya kita berbulan-bulan kemarin menjadi sia-sia. Sektor transportasi harus tegas terhadap protokol kesehatan. Sediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, jaga jarak, jangan sampai ada kerumunan, lakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," ujar Menhub.

Baca juga: Kemenhub tawarkan kerja sama pengusahaan 6 terminal tipe A ke swasta

Pada kesempatan itu Menhub mengapresiasi pelayanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang telah menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti adanya rambu-rambu jaga jarak, penyediaan hand sanitizer di beberapa titik, dan kebersihan bandara yang terus dijaga. Ia meminta apa yang dilakukan di Bandara Ngurah Rai dapat dicontoh dan diterapkan di simpul-simpul transportasi di kota lain.

Budi Karya juga berharap partisipasi pemangku kepentingan transportasi termasuk pemerintah daerah untuk mendukung langkah pemerintah guna menekan angka penularan virus COVID-19 termasuk di tempat-tempat wisata.

"Terakhir saya berharap dukungan pemangku kepentingan transportasi termasuk Pemerintah Daerah untuk bersinergi bersama pemerintah menekan angka penularan virus, khususnya di tempat-tempat wisata. Kalau perlu terapkan aturan tertentu misalnya kapasitas pengunjung dibatasi," ujarnya.

Kemenhub memprediksi jumlah penumpang angkutan umum di semua moda transportasi pada libur panjang akhir tahun ini turun sekitar 52 persen dibandingkan pada tahun lalu. Namun demikian, diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru tahun ini dibandingkan dengan hari biasa.

Selain memastikan kesiapan operator transportasi di Bali dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, rencananya Sabtu (12/12) Menhub dijadwalkan akan melakukan ground breaking pembangunan fasilitas Pelabuhan Laut Sanur yang terletak di Pantai Matahari Terbit, Denpasar Selatan, Provinsi Bali.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020