Kairo/Rafah (ANTARA News/WAM-OANA) - Satu konvoi truk yang membawa sekitar 700 ton bantuan kemanusiaan darurat berupa makanan dan perlengkapan medis dari Uni Emirat Arab memasuki Jalur Gaza untuk membantu warga Palestina.

Operasi pengiriman bantuan paling akhir dari UAE itu dilakukan oleh Otoritas Bulan Sabit Merah negara itu berkoordinasi dengan Badan Pekerja dan Pertolongan PBB bagi Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Komite Kepresidenan Palestina, Kedutaan Besar UAE di Kairo, Masyarakat Bulan Sabit Merah Mesir dan Bulan Sabit Merah Palestina.

Konvoi bantuan kemanusiaan itu telah dikirim berdasarkan petunjuk Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE serta Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Sejumlah pejabat di keamiran itu juga memberikan dukungannya.

"Ini konvoi bantuan kemanusiaan keempat dari UAE ke Gaza dan sebagai bagian dari usaha kemanusian Otoritas Bulan Sabit Merah untuk mendukung saudara-saudara kami di Jalur Gaza," kata Duta Besar UAE untuk Mesir dan Wakil Tetap UAE untuk LIga Arab, Mohammed Bin Nakheera Al-Dhaheri, kepada wartawan pada upacara penglepasan konvoi itu.

Al-Dhaheri menyampaikan terima kasih kepada Ibu Negara Suzan Mubarak dan ketua Bulan Sabit Merah Mesir atas dukungan dan usaha mereka memfasilitasi operasi tersebut.

Atas nama Presiden Palestina Dr. Barakat Al-Farra, dubes Palestina untuk Mesir dan wakil tetap Palestina untuk Liga Arab menyampaikan terima kasih kepada kepemimpinan UAE dan Otoritas Bulan Sabit Merah" atas dukungan terus-menerus kepada rakyat Palestina yang betul-betul memerlukan bantuan."

UAE "tak pernah berhenti memainkan peran nasionalnya tidak hanya bagi warga Palestina tetapi juga bagi semua warga Arab," tambahnya. (M016/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010